4 Januari Hari Braille Sedunia

Tahukah Teman Inklusi? Pada tanggal 4 Januari diperingati sebagai Hari Braille Sedunia (World Braille Day, sejak tahun 2019 setelah dipilih dalam Majelis Umum PBB pada bulan November 2018. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran pentingnya Braille sebagai alat komunikasi Disabilitas Netra dengan Nondisabilitas. Tanggal peringatan Hari Braille Sedunia bertepatan dengan hari lahirnya Louis Braille. Seorang Disabilitas Netra asal Prancis yang berhasil menemukan alat komunikasi Disabilitas Netra melalui Braille Alphabet.



Braille adalah sistem informasi yang dapat dibaca dengan cara diraba. Braille memiliki kode yang terdiri atas enam titik dengan berbagai kombinasi yang ditonjolkan pada kertas sehingga dapat diraba. Braille biasanya sering digunakan oleh Disabilitas Netra dalam membaca informasi, namun tidak hanya Disabilitas Netra, Braille dapat digunakan untuk semua orang.

Selama kondisi Pandemi, Disabilitas Netra rentan mengalami beberapa masalah dalam kemandirian dan isolasi. Misalnya Disabilitas Netra mengandalkan penggunaan sentuhan untuk mengkomunikasikan kebutuhan mereka dan mengakses informasi. Pandemi ini banyak mengungkapkan betapa pentingnya Disabilitas Netra dalam menerima berbagai informasi yang dapat diakses, termasuk dalam format Braille dan suara.

Jika tidak ada informasi dalam format Braille dan format suara selama pandemi, Disabilitas Netra rentan mengalami risiko yang lebih tinggi karena rendahnya akses pedoman dan tindakan pencegahan terhadap penyebaran Covid-19.

Di lansir dari situs PBB di un.org, dalam program pembangunan PBB (UNDP) telah mencetak 4.050 materi Braille tentang kesadaran dan pencegahan Covid-19 di Malawi. Selain itu, UNICEF telah menerbitkan catatan panduan dengan berbagai format dan bahasa yang dapat diakses termasuk Braille, “Covid-19: Pertimbangan untuk anak-anak dan orang dewasa dengan Disabilitas”. Catatan tersebut menjelaskan tentang air, sanitasi dan kebersihan, kesehatan, pendidikan, perlindungan anak, dan kesehatan mental dan dukungan psikososial, serta lingkungan kerja yang inklusif.

Seiring berkembangnya kemajuan teknologi, informasi, dan komunikasi, Disabilitas Netra dapat membaca informasi di layar komputer dan gadget dengan aplikasi yang aksesibel. Seperti aplikasi pembaca layar, aplikasi yang mengubah tulisan menjadi suara. Teman Inklusi dapat membaca sejarah Braille di https://www.klobility.id/post/braille-akses-informasi-untuk-disabilitas-netra (RYR/NNK)

Sumber:

1. https://www.un.org/en/observances/braille-day

2. https://id.wikipedia.org/wiki/Hari_Braille_Sedunia


KONTAK KAMI

KLOBILITY

Gedung Alamanda, Lantai 23 
Jalan TB. Simatupang, 
kav 23-24 - Jakarta 12430  Indonesia

T: +6221 - 29661919 

F: +6221 - 29661917

EMAIL

  • Twitter Social Icon
  • Facebook Social Icon
  • LinkedIn Social Icon
  • Instagram Social Icon
  • YouTube Social  Icon