4 Platform untuk Mulai Berjualan Online

Seiring berkembangnya kemajuan teknologi, informasi, dan komunikasi di era new planet (new normal) banyak platfrom jualan online yang bisa dipakai untuk para pelaku usaha ketika membutuhkan website khusus penjualan online untuk mencari pembeli/customer. Platform jualan online biasanya dikenal dengan istilah platform e-commerce yaitu platform yang menyediakan situs layanan jual beli dengan menggunakan website dan jaringan internet sehingga bisa terjangkau semua pengguna agar dapat memudahkan segala proses penjualan, transaksi, produk, dan komunikasi dengan pembeli. Berikut ini adalah berbagai platform jualan online yang bisa digunakan oleh para penjualan online maupun pembeli.


1. Tokopedia

Tokopedia merupakan platform penjualan online terbaik yang mudah digunakan oleh para pemilik bisnis atau usaha online yang sedang menjalankan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Platform jualan online yang sudah berusia 10 tahun di Indonesia juga menyediakan sistem pembayaran yang aman dan lancar. Jadi pemilik bisnis UMKM Inklusi atau yang baru memulai usaha online, tidak perlu khawatir saat mencoba menggunakan platform e-commerce yang sudah membantu lebih dari 6,4 juta masyarakat Indonesia. Uang hasil pembelian akan dikelola pihak Tokopedia, jika pesanan sudah sampai dan di konfimasi pembeli maka uang akan ditransfer kepada penjual.

2. Lazada

Selain Tokopedia, Lazada juga merupakan salah satu platform belanja online yang menawarkan keberagaman produk jualan seperti kebutuhan sehari-hari, peralatan elektronik, aksesoris elektronik, pakaian, produk kesehatan, produk kecantikan, olahraga, outdoor, otomotif dan lain-lain. Platform belanja online yang didirikan sejak tahun 2012 ini bisa digunakan semua para pemilik bisnis atau usaha online untuk memasarkan produk jualannya selain itu, Lazada menyediakan layanan antar balik jika mendapati produk dalam keadaan rusak. Platform e-commerce yang telah menjadi unggulan regional grup Alibaba dan didukung teknologi terbaik sekelas Alibaba menargetkan 300 juta pelanggan di tahun 2030. Tidak hanya ada di Indonesia, Lazada juga tersebar di beberapa negara kawasan Asia Tenggara yaitu Malaysia, Flipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

3. Bukalapak

Bukalapak adalah platform belanja online terkenal di Indonesia yang menyediakan layanan jual-beli dengan model bisnis C2C (consumer to consumer) sehingga siapapun bisa membuka toko online dan di dukung oleh beberapa fitur lainnya. Platform ­e-commerce karya anak