5 Aplikasi Penting di New Planet

Di Era New Normal menuju New Planet ini, banyak kegiatan dan aktivitas yang harus dibatasi dengan menerapkan protokol kesehatan yang lebih ketat agar tidak terjadinya penyebaran pandemi COVID-19. Kegiatan dan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari yang biasanya offline mengalami perubahan menjadi kehidupan yang online di New Planet, seperti bekerja dari rumah, kuliah online, belajar online, online meeting , webinar. Namun, belum semua masyarakat mengetahui dan mengenal penggunaan aplikasi digital dan teknologi yang membantu mereka untuk berinteraksi secara virtual dengan orang lain dari jarak jauh atau physical/social distancing di Era New Planet. Berikut 5 aplikasi yang wajib kamu ketahui di New Planet:



Zoom

Zoom merupakan aplikasi konferensi video yang memudahkan penggunaannya dalam berinteraksi jarak jauh dengan orang lain secara virtual. Pengguna bisa berinterkasi dalam bentuk panggilan video, suara, dan keduanya. Aplikasi ini telah banyak digunakan orang ketika bekerja dari rumah (work from home), ketika pembelajaran virtual (e-learning), ketika ada pertemuan virtual (online meeting) dengan keluarga/teman dalam jarak jauh. Aplikasi ini dapat digunakan dalam berbagai perangkat seperti komputer, laptop, notebook, handphone, dll dan tetap membutuhkan kapasitas jaringan internet yang stabil. Jika jaringan internet tidak stabil aplikasi Zoom tidak dapat berjalan dengan baik.


Aplikasi yang berkantor pusat di San Jose, California, Amerika Serikat sudah membantu perusahaan atau organisasi dalam mengakomodir karyawannya yang bekerja dari rumah dan dalam perjalanan jarak jauh. Ada banyak sekali fitur Zoom yang bisa dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Beberapa fitur yang ada di Zoom seperti Video dan audio HD, alat perangkat bawaan, sistem security, rekaman dan transkrip, fitur penjadwalan, fitur presentasi, chat dan sebagainya juga membantu penggunaan dalam menjalankan aplikasi yang telah didirikan sejak tahun 2011 tersebut. Aplikasi ini gratis hanya dengan durasi maksimal waktu yang digunakan adalah 40 menit. Jika menggunakan aplikasi zoom lebih dari 40 menit, zoom juga menyediakan paket berbayar yang bisa lebih dari 40 menit dengan disertai fitur-fitur tambahan. Bisa diinstall langsung di google aplikasi maupun di perangkat seluler.


Zoom juga menyediakan beberapa fitur yang aksesibilitas seperti closed captioning, automatic transcripts, keyboard accesibility dan screen reader support.

Skype


Skype adalah aplikasi yang diluncurkan oleh Microsoft Corp sejak Agustus 2013, berkantor pusat di Luksemburg. Aplikasi layanan panggilan video gratis ini bisa digunakan melalui perangkat seluler (handphone, iOS, Android, Mac), Windows/PC (Komputer, Laptop, Notebook), linux dan web. Aplikasi ini sudah menyediakan fitur untuk merekam panggilan, fitur highlight yang mirip stories. Di Era New Planet ini, Skype ini bisa digunakan dalam kegiatan rapat, meeting, secara virtual bagi work from home. Jika menggunakan skype berdua biaya panggilan gratis. Jika ingin memerlukan fitur tambahan seperti voice mail, SMS teks atau membuat panggilan ke darat, Skype menyediakan fitur premium berbayar. Skype juga menyediakan banyak fitur aksesibilitas untuk setiap perangkat, yang akan membantu penyandang disabilitas dalam mengoperasi perangkatnya. Beberapa fitur aksesibilitas yang disediakan Skype, yaitu narators screen readers, high-contrast settings, magnifier, NVDA Screen reader, Voice Over, Zoom content, Invert colors or increase/decrease contras, Talkback, Screen Magnifier.

WhatsApp

WhatsApp merupakan aplikasi pesan (chat) untuk perangkat seluler (smartphone) tanpa biaya SMS, didirikan sejak Januari 2009. Aplikasi ini menggunakan kuota internet agar bisa beroperasi dengan baik (connect). Beberapa fitur-fitur di WhatsApp selain perekam suara, video, foto, file/dokumen ada fitur yang bisa berinteraksi dengan lebih dari 4 orang dalam jarak jauh (virtual) fitur ini dinamakan Video Call namun tetap menggunakan koneksi internet yang stabil. Sebelum pandemi Covid-19 fitur Video Call di WhatsApp biasanya dibatasi dengan 4 orang pengguna, sekarang fitur tersebut sudah bisa digunakan lebih dari 4 orang. Selain di perangkat seluler, WhatsApp juga bisa dibuka melalui website dengan masuk ke halaman. Aplikasi WhatsApp bisa di download gratis namun tetap mengunakan jaringan internet yang stabil. WhatsApp juga menyediakan fitur aksesibilitas yaitu mengubah ukuran font dalam pesan (chat) di perangkat seluler.


Google Meet


Google Meet adalah aplikasi konferensi percakapan video yang dikembangkan oleh Google sejak tahun 2017. Aplikasi ini bisa dimanfaatkan untuk tenaga kerja yang bekerja dari rumah work from home selama di Era New Planet ketika sedang meeting virtual. Google meet bisa menjadi media untuk bersosialisasi jarak jauh dengan keluarga, teman, dan rekan-rekan kerja secara virtual, namun aplikasi ini tetap menggunakan koneksi internet yang stabil. Aplikasi ini gratis untuk semua kalangan. Google Meet bisa digunakan diperangkat mana saja, baik perangkat seluler maupun perangkat PC seperti komputer, laptop, notebook, mac, dan lain-lain. Fitur aksesibilitas yang disediakan Google Meet adalah Live captions, screen readers dan magnifiers, Keyboard shortcuts, dan google meeting room hardware yang membantu penyandang disabilitas dalam mengoperasikan Google Meet.

Microsoft Teams

Microsoft Teams adalah aplikasi video conference yang dikembangkan oleh Microsoft dengan perpaduan fitur yang digabungkan seperti fitur percakapan kerja, meeting online, penyimpanan file dan integrasi aplikasi Office 365. Aplikasi Microsoft Teams sudah masuk ke Indonesia November tahun 2016. Setelah 5 bulan peluncuran, Microsft Teams telah digunakan berbagai organisasi atau beberapa sektor perusahaan di Indonesia, seperti jasa keuangan, manufaktur, minyak dan gas, pariwisata, hingga pemerintahan. Di Era New Planet, Microsoft Team juga bisa membantu tenaga kerja yang WFH (work from home) ketika sedang meeting online dengan rekan kerja, klien, dan corporate. Selain itu, bisa digunakan dalam pembelajaran virtual (e-learning). Namun pastikan penggunaan aplikasi Microsoft Teams sudah connect ke jaringan internet yang stabil. Microsoft juga menyediakan versi gratis dari teams yang bisa diunduh dan ada yang paket premium yang berbayar sehingga bisa menambahkan beberapa fitur tambahan lainnya.

Aplikasi Microsoft team juga menyediakan fitur aksesibilitas yang membantu penyandang disabilitas seperti fitur screen reader content. (RYR)

Sumber:

https://support.microsoft.com/id-id/office/perbedaan-antara-microsoft-teams-dan-microsoft-teams-gratis-0b69cf39-eb52-49af-b255-60d46fdf8a9c

https://www.skype.com/id/about/

https://id.wikipedia.org/wiki/WhatsApp

https://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Teams

https://zoom.us/accessibility

https://support.skype.com/en/faq/FA12371/what-accessibility-features-are-available-for-skype

https://support.google.com/meet/answer/7313544?hl=en

KONTAK KAMI

KLOBILITY

Gedung Alamanda, Lantai 23 
Jalan TB. Simatupang, 
kav 23-24 - Jakarta 12430  Indonesia

T: +6221 - 29661919 

F: +6221 - 29661917

EMAIL

  • Twitter Social Icon
  • Facebook Social Icon
  • LinkedIn Social Icon
  • Instagram Social Icon
  • YouTube Social  Icon