5 Organisasi Disabilitas Perkembangan di Indonesia



1. Teman Autis

Teman Autis adalah sebuah organisasi non profit yang memiliki visi membangun komunitas yang aman dan saling mendukung demi meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat mengenai Autisme. Sebelumnya organisasi tersebut bernama Light It Up Project yang dibentuk sejak tahun 2017. Light It Up Project telah mengadakan 2 event yaitu Light It Up Fun Walk yang diselenggarakan car free day Sudirman Jakarta, 30 Juli 2017 dan Light It Up Gathering, 10 Maret 2018 di Jakarta Selatan.

2. Yayasan Autisma Indonesia (YAI)

Yayasan Autisma Indonesia merupakan wadah untuk keluarga yang mempunyai anak dengan autisme sebagai tempat mereka untuk mendapatkan pendidikan, pelatihan, dukungan, dan tempat berbagi pengalaman tentang autisme. Yayasan yang berdiri sejak tahun 1997 didirikan oleh Melly Budhiman. Awalnya yayasan ini dibentuk karena beberapa orang tua dengan anak autis merasa kekhawatiran terhadap anaknya, namun saat itu masih belum ada wadah yang membantu orang tua dengan anak autis.

3. Yayasan MPATI (Masyarakat Peduli Autis Indonesia)

Yayasan Masyarakat Peduli Autis Indonesia (MPATI) adalah sebuah yayasan nirlaba yang didirikan oleh Gayatri Pamoedji, memiliki tujuan untuk memotivasi dan memberdayakan orang tua dan pendidik, melalui pembekalan pengetahuan atas diagnosa, pendidikan, dan dukungan yang diperlukan anak-anak dengan Autisme di seluruh Indonesia. Yayasan yang beralamat di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan telah mengadakan pelatihan dan seminar tentang autisme, berkolaborasi dengan yayasan lain di Indonesia dan Australia, menerbitkan 2 buku karya dari pendiri Yayasan MPATI yang berjudul Meniti Pelangi (2004) dan 200 Pertanyaan dan Jawaban Seputar Autisme (2010), serta memproduksi dan menyebarkan video tentang penanganan dini autisme.

4. KITA (Komunitas Teman ADHD)

Komunitas Teman ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) yang di singkat dengan KITA adalah sebuah komunitas dengan visi menciptakan masyarakat Indonesia yang aktif mendukung tumbuh dan berkembang individu dengan ADHD melalui penelitian, pendidikan, dan pelatihan. Komunitas yang mengenal ADHD ke masyarakat juga bergerak sebagai wadah support group orang tua dan guru dalam mengoptimalkan anak dan remaja dengan individu.

5. YISADDI (Yayasan ISADD Indonesia)

Yayasan ISADD Intervention Services for Autism and Developmental Delay Indonesia adalah afiliasi yang bergerak di bidang tatalaksana bagi orang dengan autisme dan gangguan tumbuh kembang. Yayasan yang dibentuk sejak Februari 2004 merupakan afiliasi ISADD yang berpusat di Perth-Australia. Selain di Jakarat, Yayasan ISADD Indonesia sudah melayani beberapa kota seperti Solo, Yogyakarta, Surabaya, dan Medan.(RYR)

Sumber:

1. https://www.temanautis.org/

2. https://www.instagram.com/yayasanautismaindonesia/

3. www.autismindonesia.org

4. https://yisaddi.org/

https://www.instagram.com/temanadhd/

KONTAK KAMI

KLOBILITY

Gedung Alamanda, Lantai 23 
Jalan TB. Simatupang, 
kav 23-24 - Jakarta 12430  Indonesia

T: +6221 - 29661919 

F: +6221 - 29661917

EMAIL

  • Twitter Social Icon
  • Facebook Social Icon
  • LinkedIn Social Icon
  • Instagram Social Icon
  • YouTube Social  Icon