7 Alasan dan Tujuan Kamu Harus Bekerja

Jakarta, 7 Februari 2022 - Bekerja adalah salah satu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan memiliki tujuan tertentu. Salah satunya ialah agar mampu melanjutkan hidup.



Setelah seseorang menyelesaikan pendidikan sekolah. Mereka akan melanjutkan kehidupannya dengan memilih melamar kerja di berbagai perusahaan, melanjutkan pendidikan ke jengjang yang lebih tinggi, atau membuat lapangan kerja sendiri.

Namun, pernahkah kalian bertanya pada diri sendiri. Apa yang menjadi tujuan maupun alasan kalian bekerja?

Yuk pahami 7 tujuan dan alasan mengapa kamu harus bekerja:


1. Bekerja untuk mencari nafkah

Tujuan paling dasar bagi seseorang ketika ingin bekerja adalah mencari nafkah atau pendapatan untuk keberlangsungan hidup mereka. Penghasilan yang didapatkan dari hasil kerja, akan dibelanjakan demi memenuhi kebutuhan pokok. Seperti membayar listrik, membeli beras, hingga membeli kebutuhan yang diinginkan untuk diri sendiri, keluarga, dan orang-orang yang kita sayang. 2. Bekerja untuk menambah pengalaman

Tidak hanya mencari nafkah atau pendapatan. Bekerja juga dapat memberikan kita dampak positif, seperti menambah pengalaman baru yang berharga, dan berkesan. Pengalaman tersebut dapat dicantumkan dalam CV (Curiculum Vitae) terbaru atau sistem pendukung dalam berkarir di dunia kerja. Misalnya, pengalaman dalam memimpin suatu project tertentu yang memberikan nilai-nilai positif bagi bisnis perusahaan, pengalaman kepemimpinan, hingga pencapaian terbaik yang pernah dicapai selama bekerja.


3. Memenuhi kebutuhan sosial

Siapa sangka, bekerja juga dapat kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan sosial. Memiliki rekan kerja dari berbagai latar belakang yang berbeda-beda, merupakan investasi yang berharga di masa depan (karyaone.co.id). Interaksi yang kita kalukan dengan orang sekitar saat bekerja, membuat kita belajar bagaimana cara menjaga hubungan yang baik dengan sesama rekan kerja, atasan maupun bawahan.

4. Bekerja untuk Ibadah Bagi sebagian orang salah satu tujuan bekerja adalah untuk ibadah. Karena bekerja juga merupakan bagian dari perintah Tuhan. Hal tersebut tertulis dalam kitab sesuai dengan keyakinan masing-masing individu. Setiap langkah kerja dan usaha yang kamu lakukan, untuk pengembangan bisnis perusahaan tempat kamu bekerja tetap menjadi berkah dan bernilai ibadah.


5. Mencari pengakuan diri

Mendapatkan identitas diri dan memiliki karakter dalam bekerja, memerlukan upaya yang tinggi. Keahlian yang kamu miliki di dunia kerja, bisa menjadi salah satu alatnya. Untuk mendapatkan identitas diri dan hasil kerjamu akan diakui dan dihargai oleh rekan kerja, atasan kerja, dan orang-orang di sekitar kamu.

6. Mencari modal usaha Memiliki modal, merupakan hal yang penting ketika kita ingin membuka usaha. Maka tidak sedikit orang menjadikan hal tersebut sebagai alasan untuk bekerja. Kamu bisa mencari kerja untuk jangka waktu pendek dengan pendapatan yang cukup sesuai dengan kemampuan kamu dalam bekerja. Selain modal, kamu juga bisa mendapatkan bekal pelatihan dan pemahaman dalam berbisnis dari tempat kerja untuk membangun sebuah usaha.

7. Meningkatkan karier

Salah satu tujuan bekerja terakhir adalah meningkatkan karier. Karier merupakan perkembangan diri dan kemajuan yang dimiliki oleh seseorang dalam suatu pekerjaan tertentu. Karier bisa didapatkan melalui pelatihan di tempat kerja.


Demikian 7 tujuan dan alasan kita harus bekerja, semoga bermanfaat buat kamu yang ingin memantapkan diri agar mampu meningkatkan kemampuan diri di dunia kerja.