Fasilitas Ramah Disabilitas di MRT Jakarta

Moda Raya Terpadu atau Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta merupakan kereta api swasta pertama Indonesia pascamerdeka. Proses pembangunannya dimulai pada tanggal 10 Oktober 2014 dan telah diresmikan pada tanggal 24 Maret 2019.


MRT Jakarta memberi perhatian lebih terhadap fasilitasnya agar semua penumpang mendapat pengalaman bertransportasi yang positif. MRT Jakarta memastikan lingkungan di sekitar dan dalam stasiun aksesibel dan ramah disabilitas. Fasilitas yang tersedia mengakomodasi seluruh ragam disabilitas dan kebutuhan khusus lainnya.

Fasilitas aksesibilitas yang disediakan MRT Jakarta yaitu:


PT MRT Jakarta merupakan satu dari 23 operator penyedia jasa transportasi publik yang menandatangani komitmen pelayanan transportasi ramah disabilitas. Hal ini membuktikan bahwa PT MRT Jakarta memiliki komitmen untuk menyediakan pelayanan publik yang ramah dan berkelanjutan bagi penyandang disabilitas.


MRT Jakarta bukan jasa transportasi pertama yang memiliki fasilitas aksesibilitas dan ramah disabilitas. Namun, jika dibandingkan dengan transportasi umum lainnya, MRT Jakarta merupakan jasa transportasi yang menyediakan fasilitas aksesibilitas terlengkap untuk penyandang disabilitas. Setiap stasiun MRT Jakarta memiliki lift untuk membantu pengguna dengan disabilitas dan kebutuhan khusus masuk dan keluar stasiun. Sepanjang stasiun dan peron diberikan guiding block atau jalur pemandu untuk membantu mobilitas penumpang dengan disabilitas netra. Jarak antara peron dan kereta dibangun sejajar untuk memudahkan pengguna dengan disabilitas dan kebutuhan khusus lainnya berpindah dengan aman. Pihak MRT Jakarta juga menempatkan mesin isi ulang saldo dengan tinggi hanya satu meter diatas lantai sehingga mempermudah penumpang yang menggunakan kursi roda.