Andrea Bocelli Seorang Disabilitas Netra yang Sukses dari Pengacara hingga Musisi Terkenal di Dunia


Siapa Teman Inklusi yang belum kenal dengan salah satu musisi sukses dan terkenal di dunia yang merupakan seorang Disabilitas Netra? Ia adalah Andrea Bocelli. Andrea Bocelli merupakan seorang penyanyi tenor, musisi, penulis, dan produser musik asal Italia yang memiliki suara lembut hingga sukses dalam penjualan rekamannya.



Hidup dengan keterbatasan penglihatan, tidak membuat mimpi Andrea Bocelli terhambat. Keterbatasan penglihatan yang ia alami sejak lahir dengan congenital glaucoma/glaukoma bawaan yang membuat ia tidak bisa melihat dengan matanya sebagian. Kondisi tersebut tidak menghalangi bakatnya dalam bermain musik dengan piano sampai berusia enam tahun. Ketika berusia 12 tahun, ia mengalami kecelakaan dalam pertandingan sepak bola yang membuat kehilangan total kedua matanya. Setelah itu, ia kemudian lebih fokus dengan dunia musik, khususnya bernyanyi, dan belajar hukum.


Andrea Bocelli selain profesinya di dunia musik, ia telah berhasil menyelesaikan pendidikan tertinggi dengan meraih gelar doktor ilmu hukum di University of Pisa, Italia dengan mempelajari dokumen bertulisan huruf Braille. Ia sempat bekerja sebagai pengacara.


Waktu bekerja sebagai pengacara di siang hari, Andrea Bocelli memanfaatkan waktunya untuk bernyanyi pada malam hari di bar dan berlatih dengan gurunya, Luciano Bettarini. Kesuksesan Andrea Bocelli juga tidak lepas dari peran Luciano Pavarotti. Pavarotti saat itu mengajak musisi rock Italia bernama Zucchero, untuk berkolaborasi.


Andrea Bocelli sudah merekam tujuh opera komplit dengan berbagai album pop dan klasik, dengan penjualan 65 juta kopi di seluruh dunia meraih multi platinum. Ia tercatat dalam Guinness Book of Records untuk album Sacred Arias. Ia juga dikenal sebagai penyanyi modern dengan suara tenor klasik.


Banyak penghargaan yang sudah diraih oleh penyanyi kelahiran 22 September 1958 itu, di antaranya dua kali mendapatkan penghargaan Billboard Latin Music Awards, enam kali mendapatkan Classical BRIT Awards, hingga tujuh kali penghargaan World Music Awards sebagai penyanyi klasik terlaris di dunia. Selain penghargaan, ia pernah berkolaborasi dengan Ed Sheeran untuk menunjukkan kemampuan bernyanyinya yang luar biasa melalui lagu Ed Sheeran versi orkestra Perfect Symphony.


Ketika Italia menjadi salah satu negara yang terkena dampak pandemi Covid-19, Andrea Bocelli menghibur masyarakat Italia untuk memberikan suntikan semangat yang sedang menghadapi lockdown di negaranya. Ia menyanyikan lagu Con Te Partiro di tengah acara yang bertema HomeFest bersama dengan beberapa penyanyi terkenal, ada Bilie Elish, Dua Lipa, hingga BTS. (RYR)



Sumber:

  1. https://www.idntimes.com/science/discovery/eka-amira/tokoh-disabilitas-sukses-c1c2/6

  2. https://id.wikipedia.org/wiki/Andrea_Bocelli

  3. https://majalah.tempo.co/read/musik/136788/suara-hati-andrea-bocelli

  4. https://jogja.idntimes.com/hype/entertainment/rijalu-ahimsa-1/trending-di-twitter-5-fakta-andrea-bocelli-sang-penyanyi-tenor-italia/2