Arga Bisma Ginanjar: Disabilitas Daksa Cerebral Palsy yang suka menulis Puisi



UMKM Inklusi minggu ini mengangkat tentang buku-buku puisi karya seorang Disabilitas Daksa Cerebral Palsy yang lahir di Cianjur. Ia adalah Arga Bisma Ginanjar. Lelaki yang biasa akrab dipanggil dengan Daden merupakan seorang penulis buku puisi “Rindu Kunci Mimpi & Rindu Kunci Mimpi 2”. Selain itu Arga juga membangun kanal youtube dengan nama Daden Arga TV.


Ketekunan Daden dalam menulis puisi sudah ditanamkan sejak tahun 2013. Berdasarkan pengalaman pribadi dirinya, Daden suka menulis essai dan puisi. Motivasinya dalam menulis puisi adalah agar menginspirasi semua orang. Terlahir menjadi Disabilitas daksa cerebral palsy, ia merasa dirinya berada di lingkungan yang inklusif, yang bisa menerima kekurangan dirinya.


Buku kumpulan puisi karya Daden “Rindu Kunci Mimpi” dan “Rindu Kunci Mimpi 2” menceritakan tentang kerinduan Daden terhadap orang tua, saudara, dan teman-teman. Puisi yang ditulis oleh lelaki kelahiran 18 Februari 1997 ini juga menceritakan tentang keagungan Tuhan dan keindahan alam. Selain itu, pada buku tersebut terdapat kata pengantar yang bertandatangan dari Bapak Muhammad Farhan, seorang aktor atau anggota DPR-RI.


Selama kondisi pandemi Covid-19, Daden tidak bisa berjualan buku-buku puisinya di Bazzar. Ia tetap berjualan melalui platform digital belanja online. Saat ini Daden sibuk menyelesaikan novel biografi hidupnya yang berjudul “Real Story of Cerebral Palsy”. Ia bermimpi agar tulisan-tulisannya dijadikan sebuah film.


Saat di wawancara dengan Tim Klobility melalui teks via WhatsApp, Daden berpesan agar semua teman-teman Disabilitas tetap semangat, jangan malu untuk bermimpi dan harus pintar-pintar menggunakan media sosial untuk mencari beragam peluang dalam mengembangkan diri. Tidak hanya pesan untuk Teman Disabilitas, Daden berharap agar setiap perusahaan atau organisasi jangan ragu untuk melibatkan teman-teman Disabilitas dalam semua kegiatan karena mereka juga memiliki potensi diri dan kesempatan yang sama dengan masyarakat pada umumnya.


Ayo Teman Inklusi di tengah kondisi pandemi yang masih belum kunjung reda, mari kita bantu teman-teman Disabilitas dengan membeli buku karya Arga Bisma Ginanjar dengan klik link ini https://shopee.co.id/BukuKumpulanPuisiRINDUKUNCIMIMPI-i.272092755.4763257810?fbclid=IwAR2oqzQTjmRgbAQ1LDcFC7rbrL1Tw_FB8mia3Z4VT6wnZLjudZqW8d59UE8 atau kunjungi instagram daden di @dadenarga. (RYR)

Sumber: Wawancara via teks WhatsApp dengan Arga Bisma Ginanjar