Bagja Prawira: #WFHappy Aksesibel untuk Teman Tuli


Kondisi pandemik global COVID-19 menimbulkan perubahan sistem kerja di perkantoran. Pemerintah telah menetapkan kebijakan untuk mencegah penularan Corona, salah satunya physical distancing. Kebijakan ini diterapkan oleh beberapa perusahaan untuk mengubah sistem kerja karyawan dengan melakukan kerja dari rumah atau work from home (WFH). Sistem WFH tak luput juga di kalangan disabilitas, terutama Teman Tuli. Perusahaan kerap kali belum memahami akses bagi Teman Tuli. Berikut tips bagi perusahaan dengan karyawan Tuli yang menerapkan WFH:


TOLERANSI BUDAYA TULI

Toleransi budaya Tuli berarti menyadari dan memahami adanya perbedaan akses komunikasi bagi Teman Tuli. Teman Tuli memiliki cara berkomunikasi sendiri yang berbeda dengan orang pada umumnya


TANYAKAN PREFERENSI KOMUNIKASI

Teman Tuli memiliki cara berkomunikasi masing-masing, di antarnaya: Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO), membaca gerak bibir secara perlahan, dan menggunakan teks atau tulisan. Cara tersebut tergantung kenyamanan masing-masing Teman Tuli. Pastikan untuk bertanya terlebih dahulu dengan memberi pilihan. Contohnya, "Kamu lebih nyaman menggunakan komunikasi dengan cara apa?", bukannya "Apakah dapat berbicara atau tidak?".


METODE KOMUNIKASI VISUAL

Teman Tuli menggunakan visual sebagai arus komunikasi utama. Oleh karena itu, alangkah baiknya menggunakan fitur komunikasi video. Pastikan koneksi internet stabil dan baik agar tidak mengalami gangguan (freeze).


BUAT CATATAN

Pastikan Teman Tuli dapat memahami apa yang disampaikan. Bila perlu, buatlah catatan atau instruksi tertulis agar dapat dipelajari kembali oleh Teman Tuli.


BELAJAR BAHASA ISYARAT

Jika ada kesempatan, pelajarilah Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) dengan Teman Tuli. Hal ini juga berkaitan dengan toleransi mengenal budaya Tuli. (BP/SKS)


Kontributor:

Bagja Prawira (Aktivis Tuli, Founder Typist Bergerak Indonesia)

KONTAK KAMI

KLOBILITY

Gedung Alamanda, Lantai 23 
Jalan TB. Simatupang, 
kav 23-24 - Jakarta 12430  Indonesia

T: +6221 - 29661919 

F: +6221 - 29661917

EMAIL

  • Twitter Social Icon
  • Facebook Social Icon
  • LinkedIn Social Icon
  • Instagram Social Icon
  • YouTube Social  Icon