Bang Dzoel: Fotografer disabilitas yang mendunia


Bang Dzoel (Achmad Zulkarnain), fotografer asal Banyuwangi

Achmad Zulkarnain, biasa dipanggil Bang Dzoel, adalah seorang fotografer asal Banyuwangi yang terlahir tanpa tangan dan kaki. Saat kecil, ia sempat dibuang oleh ibu kandungnya namun bertemu dan dirawat oleh ibu angkatnya. Kondisi fisik Bang Dzoel pernah membuatnya merasa minder hingga hampir bunuh diri saat ia berada di bangku sekolah dasar.


Ketertarikan Bang Dzoel pada fotografi tumbuh saat ia bekerja di warung internet. Fotografi mulanya hanya hobi bagi Bang Dzoel. Namun, karyanya menarik orang-orang untuk menggunakan jasanya. Ia memulai karir di dunia fotografi sebagai tukang foto KTP menggunakan kamera pinjaman di kampung halamannya. Setelah 18 bulan, Bang Dzoel akhirnya membeli kamera DSLR dengan kredit.


Bang Dzoel mengendarai gokart (Sumber: The Great Big Story)

Disabilitas tidak membuat Bang Dzoel patah semangat. Meskipun tidak memiliki tangan, ia tetap bisa mengoperasikan kamera. Ia menggunakan bibir untuk menyalakan dan mematikan kamera, lalu menempelkan body kamera ke wajah dan menekan tombol shutter dengan gumpalan kulit di lengannya. Sehari-hari, Bang Dzoel menggunakan gokart buatannya. Gokart yang ia sebut mobil F1 ini dibuat untuk membantunya bepergian.


Hasil foto Bang Dzoel (Sumber: YouTube Bang Dzoel)

Debutnya sebagai fotografer berawal dengan mengabadikan pre-wedding temannya. Tidak hanya pre-wedding, saat ini Bang Dzoel merambat ke fotografi model dan lingkungan alam. Saat ini, ia memiliki studio fotonya bernama “DZOEL”. Ia juga mengajarkan fotografi kepada orang-orang di kampungnya. Bang Dzoel ingin orang-orang melihat karyanya, bukan disabilitasnya. Kegigihan, kerja keras, dan ketekunannya dalam berkarya membuat Bang Dzoel mendapatkan sorotan dari media internasional, seperti Al Jazeera (Qatar) dan The Great Big Story (Amerika). (RYR/SKS)


Instagram Bang Dzoel: https://www.instagram.com/bangdzoel_/

Video Al Jazeera: https://www.youtube.com/watch?v=M1r0ZD2mHFg

Video The Great Big Story: https://www.youtube.com/watch?v=EwX_wBj2f30


KONTAK KAMI

KLOBILITY

Gedung Alamanda, Lantai 23 
Jalan TB. Simatupang, 
kav 23-24 - Jakarta 12430  Indonesia

T: +6221 - 29661919 

F: +6221 - 29661917

EMAIL

  • Twitter Social Icon
  • Facebook Social Icon
  • LinkedIn Social Icon
  • Instagram Social Icon
  • YouTube Social  Icon