Berbagai Bentuk Keberagaman

Pada bulan Agustus 2020 dalam rangka perayaan ulang tahun Republik Indonesia ke-75, Klobility mengangkat tema tentang Merangkul Keberagaman Demi Indonesia Maju. Tema ini di ambil dari tema besar yang sudah di sepakati oleh pemerintah Republik Indonesia yaitu Indonesia Maju.


Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan negara yang memiliki keberagaman yang sangat luas terbentang dari Sabang sampai Merauke. Keberagaman di Indonesia adalah bagian dari Bhinneka Tunggal Ika yaitu motto bangsa Indonesia yang berasal dari karangan Mpu Tantular pada masa kerajaan Majapahit di abad ke-14. Bhinneka Tunggal Ika artinya berbeda-beda tetapi tetap satu. Untuk mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia, semboyan Bhinneka Tunggal Ika akan meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan demi Indonesia maju dengan menyatukan keberagaman.


Keberagaman merupakan berbagai perbedaan yang melekat pada manusia, seperti etnis, jenis kelamin, identitas gender, orientasi seksual, usia, kelas sosial, abilitas/disabilitas, nilai-nilai agama atau etika, dan asal kebangsaan. Keberagaman dapat dikelompokkan menjadi 2 macam yaitu Keberagaman Primer dan Keberagaman Sekunder.


1. Keberagaman Primer

Keberagaman Primer adalah keberagaman yang tidak dapat berubah dan dibawa sejak lahir.

Contoh keberagaman primer

· Usia, ras, suku, etnis, warisan, latar belakang budaya

· Jenis kelamin, orientasi seksual dan gender

· Abilitas/disabilitas

· Latar belakang ekonomi

· Kemampuan dan kesehatan mental yang beragam

· Nilai-nilai dan Ideologi

2. Keberagaman Sekunder

Keberagaman Sekunder adalah bentuk keberagaman yang dapat berubah dalam hidup.

Contoh keberagaman sekunder

· Status kewarganegaraan

· Status hubungan dan pernikahan

· Lokasi geografis

· Latar belakang pendidikan

· Pendapatan dan keadaan ekonomi

· Pengalaman hidup, pekerjaan, pengalaman kerja

· Agama


Membicarakan tentang keberagaman di mulai dari edukasi terhadap diri kita sendiri, keluarga, sahabat, masyarakat, lingkungan pendidikan, lingkungan kerja, bangsa dan negara. Jika keberagaman tidak dapat dirawat dengan baik maka akan menimbulkan berbagai perpecahan atau konflik antar suatu kelompok sehingga suatu kelompok tidak akan berkembang dengan baik. Sudahkah Teman Inklusi berkontribusi membangun Indonesia Maju melalui survei Nenilai? Nenilai adalah sebuah organisasi yang ingin mewujudkan Indonesia maju bersama-sama lewat serangkaian dialog dan survei nasional.


Ayo segera isi survei Nenilai demi mewujudkan Indonesia maju dengan merangkul keberagaman melalui nilai-nilai yang ada di dalam diri kamu dengan klik link berikut ini bit.ly/survei-nenilai (RYR)


Sumber:

https://study.com/academy/lesson/age-diversity-in-the-workplace-definition-trends-examples.html#:~:text=Age%20diversity%20is%20the%20acceptance,of%20the%20population%20by%202030.

https://scnewsltr.dodlive.mil/2015/01/26/how-would-you-define-diversity/

https://ymca-snoco.org/wp-content/uploads/2017/11/Diversity-Wheel.pdf .

KONTAK KAMI

KLOBILITY

Gedung Alamanda, Lantai 23 
Jalan TB. Simatupang, 
kav 23-24 - Jakarta 12430  Indonesia

T: +6221 - 29661919 

F: +6221 - 29661917

EMAIL

  • Twitter Social Icon
  • Facebook Social Icon
  • LinkedIn Social Icon
  • Instagram Social Icon
  • YouTube Social  Icon