Christine Hà: Koki dengan empat indera


Christine Huyen Tran Hà atau Christine Hà adalah seorang koki berdarah Vietnam asal Amerika. Christine Hà juga seorang perempuan disabilitas netra. Ia kehilangan penglihatannya karena serangan penyakit nueromyelitis opticac, yaitu penyakit dimana sistem imun seseorang menyerang saraf optik dan saraf tulang belakang.



Christine Hà memiliki mimpi menjadi koki profesional sejak kecil. Ketika ia kehilangan penglihatannya, ia tetap semangat dan tidak putus asa mengejar mimpinya. Ia belajar memperkuat indera penciuman, pendengaran, dan pengecap agar dapat memasak dengan keterbatasannya. Ia juga menggunakan alat masak yang mengandalkan pendengaran, seperti termometer yang membacakan suhu, begitu pula dengan timbangan. Pada tahun 2012, Christine Hà mengikuti kompetisi memasak, MasterChef Amerika. Sejak saat itu, Christine Hà menjadi sorotan para koki dan juri MasterChef Amerika karena ia adalah disabilitas netra pertama yang mengikuti kompetisi ini. Berkat kegigihan dan kerja kerasnya, Christine Hà berhasil mengalahkan lebih dari 30 ribu koki rumahan di Amerika Serikat dan memenangkan gelar MasterChef Amerika ketiga. Sejak saat itu, ia dikenal sebagai The Blind Cook, yang juga merupakan username Instagram dan website-nya.



Meskipun Christine Hà adalah seorang disabilitas, ia tidak ingin dunia melihatnya dengan rasa kasihan dan iba. Setelah memenangkan MasterChef Amerika, ia menulis buku Recipes From My Home Kitchen: Asian and American Comfort Food yang mendapatkan respon positif dari New York Times. Ia juga mendirikan restoran yang bernama The Blind Goat. (RYR/SKS)

KONTAK KAMI

KLOBILITY

Gedung Alamanda, Lantai 23 
Jalan TB. Simatupang, 
kav 23-24 - Jakarta 12430  Indonesia

T: +6221 - 29661919 

F: +6221 - 29661917

EMAIL

  • Twitter Social Icon
  • Facebook Social Icon
  • LinkedIn Social Icon
  • Instagram Social Icon
  • YouTube Social  Icon