Dampak dan Peluang Era Digital


Perkembangan kemajuan teknologi, informasi, dan komunikasi di era digital telah membawa dampak positif dan peluang bagi masyarakat.

Empat dampak positif dan peluang yang dirasakan oleh masyarakat di era digital, yaitu:

1. Memudahkan dalam mengakses informasi yang dibutuhkan secara cepat

Adanya kemudahan dalam mengakses informasi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat di era digital merupakan dampak positif yang sudah dirasakan. Masyarakat semakin cepat belajar dalam menerima informasi yang dibutuhkan sehingga berpengaruh terhadap pengembangan kemampuan diri.


2. Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pengembangan dan pemanfaatan digitalisasi

Era digital juga memberikan dampak positif dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pengembangan kemampuan dan penggunaan teknologi, informasi, dan komunikasi. Misalnya ketersediaan platform digital WhatsApp Group yang diinisiasi oleh Klobility untuk pengembangan kemampuan diri sumber daya manusia (SDM) Disabilitas yang disebut dengan TIKO (Teman Inklusi Klobility), platform Sekolah.mu untuk pengembangan diri individu melalui pelatihan-pelatihan online, dan sebagainya.

3. Adanya media massa yang berbasis digital

Media massa yang konvensional seperti media cetak yaitu koran/surat kabar, majalah, buku, tabloid, dan buletin telah mengalami perkembangan di era digital dalam menyampaikan berbagai informasi secara online. Misalnya, buku cetakan menjadi buku elektronik atau yang dikenal dengan ­e-book­ yang dibeli dengan harga murah, dapat dibaca dimanapun dan di simpan dalam perangkat digital seperti laptop, komputer, dan handphone.


4. Menciptakan inovasi dalam berbagai bidang yang berorientasi pada digitalisasi

Terciptanya inovasi dari berbagai bidang dengan bantuan teknologi, informasi, dan komunikasi, juga merupakan dampak positif yang dirasakan oleh masyarakat. Salah satu contoh inovasi yang dilakukan oleh Gojek Indonesia. Sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia yang melayani jasa ojek secara online, menciptakan aplikasi Gojek, untuk memudahkan penggunaanya dalam menggunakan jasa ojek sesuai dengan kebutuhan. Selain itu Gojek Indonesia juga menyediakan inovasi lainnya seperti Gofood (Jasa makanan lewat ojek), Gobox, Gocar, dan lain-lain.