Digital Skills Gap dan Tantangannya



Teman Inklusi pernahkah mendengar istilah digital skills gap? Digital skills gap adalah keterampilan yang dimiliki oleh individu di segala bidang digital. Beberapa negara-negara di seluruh dunia, termasuk negara-negara yang memiliki kemajuan dalam teknologi di dunia seperti Amerika Serikat (AS), sedang mengembangkan keterampilan digital untuk individu di negaranya.


Menurut digitalskillsglobal.com, ada dua faktor utama dalam kesenjangan keterampilan digital (digital skill gap) yang mempengaruhi berbagai sektor dan ekonomi. Faktor pertama adalah rendahnya keterampilan digital di antara tenaga kerja yang ada. Faktor kedua adalah kurangnya lulusan yang terlatih untuk mengisi keterampilan digital di perusahaan atau organisasi yang sedang berkembang.


Di era digital, Indonesia masih menghadapi berbagai tantangan digital skills gap. Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate dalam acara peresmiaan pembukaan Onlince Academy (OA) Angkatan 2 Digital Talent Scholarship 2020, Senin, 15 Juni 2020 lalu.