Fahmi Husaen: Disabilitas Fisik & Alumni UGM yang Berprestasi!



Muhammad Fahmi Husaen adalah seorang penyandang disabilitas fisik yang memiliki segudang prestasi dan lulusan program studi komputer dan sistem informasi sekolah vokasi (SV) Universitas Gadjah Mada. Fahmi tidak mampu berjalan sejak kelas 4 SD sehingga membuat dia harus menggunakan kursi roda selama hidupnya. Anak pertama dari orang tua Anik Marwati dan Murtandlo ini mengalami Duchenne Muscular Distrophy (DMD). DMD merupakan salah satu bagian dari distorofi otot yaitu kelainan genetik yang membuat otot melemah sehingga tidak mampu berjalan dan berdiri, kelainan ini menyerang protein dystrophin yang berperan penting dalam fungsi otot. Meskipun dengan keterbatasan fisik yang di alami oleh Fahmi yang tinggal di Turi, Sleman, ia sempat untuk tidak mau sekolah, namun akhirnya dia mengatasi rasa minder tersebut karena dukungan orang tua dan lingkungannya.

Sejak kecil Fahmi sudah memiliki hobi dalam menggambar, awalnya dia menggambar mobil di atas kertas. Kemudian, waktu SMP Fahmi mulai mencoba menggambar sketsa 3D di komputer. Ia sempat juga menggunakan jasa guru desain, sering menonton tutorial desain di YouTube, dan selalu membaca buku tentang desain gambar.

Selama kuliah di UGM (Universitas Gadjah Mada), Fahmi selalu di antar oleh kedua orang tuanya dengan mobil. Ia memiliki 1 tantangan di kampusnya dalam fasilitas di gedung yang bertingkat, karena gedung yang sudah tua, cagar budaya, dan sulit berubah itu belum mempunyai fasilitas untuk pengguna kursi roda seperti lift, sehingga Fahmi