Good Doctor, Drama Korea Perjuangan Dokter dengan Autisme

Good Doctor (Hangul: 굿 닥터) adalah serial drama Korea yang bercerita tentang Park Shi-On (Joo Won), seorang pria yang bercita-cita menjadi seorang dokter bedah anak. Good Doctor mendapat perhatian dari penggemar drama Korea karena menceritakan tokoh utama dengan gangguan spektrum autisme.


Park Shi-On, diperankan oleh Joo Won (Sumber: Fanpop.com)
Park Shi-On, diperankan oleh Joo Won (Sumber: Fanpop.com)

Park Shi-On kecil didiagnosa dengan sindrom savant, bagian dari spektrum autisme. Ia memiliki kemampuan intelektual genius dan keterampilan spasial yang tajam meskipun memiliki tingkat emosional setara anak 10 tahun. Drama Korea yang disutradarai oleh Ki Min-Soo dan Kim Jin-Woo ini menunjukkan perjuangan Park Shi-On yang penuh lika-liku demi menggapai cita-citanya. Kondisinya sebagai orang dengan autisme membuatnya ditolak berbagai rumah sakit ketika akan menjalani masa residensi. Hingga suatu saat, ia diterima di Rumah Sakit Sungwon University karena videonya sedang menyelamatkan seorang anak di stasiun.


Kisah Park Shi-On untuk menggapai cita-cita tidak berhenti di situ. Tantangan terus berdatangan di rumah sakit ini. Ditambah dengan tekanan dari para direktur rumah sakit. Ia diberi waktu 6 bulan untuk membuktikan kemampuannya. Park Shi-On juga diceritakan memiliki kesulitan bersosialisasi. Kekurangannya ini menimbulkan masalah tersendiri, tidak hanya dengan rekan dokter, tetapi juga dengan pasien dan orang tua mereka. Salah satu ciri gangguan spektrum autisme ini digambarkan dengan sempurna oleh Joo Won. Aktingnya yang menyentuh menggambarkan dengan tepat seorang pemuda dengan sindrom savant.


Shaun Murphy (Freddie Highmore, kiri) dan Park Shi-On (Joo Won, kanan) (Sumber: International Business Times)