Haben Girma: Deafblind Pertama Penakluk Harvard Law School

Masih suasana Disability Pride Month, menjadi seorang penyandang disabilitas bukanlah hambatan untuk menjadi sukses. Contoh nyatanya adalah seorang pengacara berprestasi dengan disabilitas sensorik asal Amerika Serikat. Dia adalah Haben Girma.


Haben Girma adalah seorang perempuan penyandang disabilitas dengan keterbatasan dalam penglihatan dan pendengaran atau Disabilitas Netra-Rungu (Deafblind). Dia lahir di Oakland, California Amerika Serikat pada tanggal 29 Juli 1988. Saat di besarkan di Amerika dia mendapatkan manfaat dari Undang Undang Disabilitas Amerika atau American with Disability Act (ADA).


Pada tahun 2013, Haben Girma menjadi seorang siswa disabilitas netra-Tuli pertama di Harvard Law School dengan gelar JD (Juris Doctorate). Setelah lulus dari sekolah hukum, dia bekerja sebagai pengacara disabilitas di Disability Rights Advocates (DRA) yang berbasis di California dari tahun 2015 hingga tahun 2016.


Pada tahun 2015, dia mendapatkan penghargaan White House Champion of Change dari Presiden Amerika Serikat Barrack Obama. Di bulan Januari tahun yang sama, dia diangkat menjadi Dewan Pengawas Tingkat Nasional di Helen Keller Services for the Blind.


Tidak berhenti di situ, Haben Girma merilis sebuah memoar, “Haben: