Habibie Afsayh: Pengusaha Disabilitas Kursi Roda yang Sukses



Habibie Afsayh merupakan seorang motivator, konsultan SEO Indonesia, pengusaha, internet-preneur yang ternyata penyandang Disabilitas kursi roda, ia mengalami Muscular Dystrophy (MD) Progressive tipe Backer sejak lahir. Muscular Dystrophy (MD) adalah penyakit genetik yang diturunkan dimana otot-otot yang mengontrol pergerakan secara perlahan-lahan melemah.

Habibie lahir dalam kondisi normal pada tanggal 6 Januari 1988 di Jakarta, ia merasakan ada yang janggal dalam perkembangannya hingga berusia 8 bulan. Putra bungsu dari pasangan H. Nasori Sugiyanto dan Endang Setyati itu sempat divonis oleh dokter, usia anaknya akan sampai pada usia 25 tahun. Namun, Tuhan masih memberikan kesempatan Habibie untuk hidup dengan keterbatasan yang di milikinya, saat ini usianya sudah mencapai 32 tahun. Orang tua Habibie pernah membawa anaknya ke berbagai pengobatan terapi khusus yang mungkin bisa memberikan perkembangan, Habibie sempat berteriak kesakitan di setiap terapi pengobatan yang dilakukannya.

Selama di sekolah, Habibie merupakan siswa yang selalu memiliki segudang prestasi. Habibie pernah mengalami kesulitan pada saat ingin mendaftar sekolah SMP dan SMA, karena banyak sekolah yang merasa keterbatasan fisik Habibie akan menghambat pendidikan dan alasan tidak ada fasilitas yang mendukung untuk anak berkebutuhan khusus. Dukungan orang tua dan lingkungannya membuat Habibie berhasil menyelesaikan pendidikan dengan prestasi yang diraihnya.