Hari Disabilitas Internasional: “Not All Disabilities Are Visible”

Tahukah Teman Inklusi, pada tanggal 3 Desember setiap tahun, dunia memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) atau International Day of People with Disability (IDPwD). Hari Disabilitas Internasional pertama kali diperingati pada tahun 1992 melalui resolusi Majelis Umum PBB 47/3. Hari Disabilitas Internasional ditetapkan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat dunia tentang pentingnya para Penyandang Disabilitas dan memberikan kesempatan yang sama terhadap Penyandang Disabilitas. Setiap tahun Hari Disabilitas Internasional memiliki tema yang berbeda-beda. Berdasarkan data World Heatlh Organization (Badan Kesehatan Dunia), 15 persen penduduk dunia atau 1 miliar orang adalah Penyandang Disabilitas.



Dilansir dari situs PBB un.org, tema Hari Disabilitas Internasional tahun 2020 adalah “Building Back Better: toward a disability-inclusive, accessible and sustainable post COVID-19 World”, yaitu membangun kembali kehidupan yang lebih baik, yang lebih inklusif, lebih aksesibel, dan berkelanjutan pasca pandemi Covid-19.

Di tengah kondisi pandemi, banyak para Penyandang Disabilitas kesulitan mendapatkan akses pendidikan, pekerjaan, dan kesempatan yang setara. Oleh karena itu, pentingnya upaya untuk mewujudkan inklusi Disabilitas dalam pemulihan Covid-19 dan melanjutkan agenda 2030 tentang pembangunan yang berkelanjutan. PBB menetapkan strategi inklusi Disabilitas yang telah diluncurkan sejak Juni 2019. Strategi tersebut menciptakan landasan bagi kemajuan yang berkelanjutan dan transformatif dalam inklusi Disabilitas melalui semua pilar kerja PBB yaitu perdamaian dan keamanan, hak asasi manusia, dan pembangunan.

Di Indonesia, tema Hari Disabilitas Internasional 2020 yaitu “Not All Disabilities Are Visible” (tidak semua Disabilitas bisa terlihat). Tema ini diusulkan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang Disabilitas yang beragam. Menurut Menteri Sosial Juliari P. Batubara, tema Hari Disabilitas Internasional 2020 “Not All Disabilities Are Visible” adalah sebuah pesan yang disampaikan kepada masyarakat dunia bahwa tidak semua ragam Disabilitas dapat dikenal dan disadari oleh masyarakat umum. Oleh karena itu, pentingnya bagi negara untuk memperhatikan keberagaman Disabilitas.(RYR)


Sumber:

1.https://idpwd.org/

2.https://idpwd.org/event/idpwd2020/

3.https://www.un.org/en/observances/day-of-persons-with-disabilities

4.https://www.un.org/en/content/disabilitystrategy/

5.https://republika.co.id/berita/qj7kzq380/jelang-hari-disabilitas-internasional-kesetaraan-bagi-semua

KONTAK KAMI

KLOBILITY

Gedung Alamanda, Lantai 23 
Jalan TB. Simatupang, 
kav 23-24 - Jakarta 12430  Indonesia

T: +6221 - 29661919 

F: +6221 - 29661917

EMAIL

  • Twitter Social Icon
  • Facebook Social Icon
  • LinkedIn Social Icon
  • Instagram Social Icon
  • YouTube Social  Icon