Hari Kesehatan Mental Sedunia: Kesehatan Mental untuk Semua

Setiap tanggal 10 Oktober, masyarakat di dunia memperingati “World Mental Healt Day” (Hari Kesehatan Mental Sedunia) yang dirayakan pertama kali sejak tahun 1992 melalui Federasi Kesehatan Mental Sedunia (World Federation For Mental Health). Peringatan tersebut diinisiasi untuk mempromosikan dan meningkatkan kesadaran masyarakat dunia tentang pentingnya kesehatan mental.


WHO (2020) menyebutkan bahwa hampir 1 miliar orang hidup dengan gangguan mental termasuk disabilitas mental, 3 juta orang meninggal setiap tahun akibat penggunaan alkohol yang berbahaya dan satu orang meninggal setiap 40 detik


karena bunuh diri. Bunuh diri menjadi penyebab kematian kedua di antara usia 15 sampai usia 29 tahun, sedangkan 79% kasus bunuh diri terjadi di negara dengan penghasilan rendah dan menengah. Kini, miliaran orang di seluruh dunia telah terkena pandemi COVID-19, yang berdampak lebih jauh pada kesehatan mental masyarakat.


Dikutip dari wfmh.global, tahun ini tema hari kesehatan mental sedunia (World Mental Health Day) adalah “Mental Health for All, Greater Investment Greater Access”, kesehatan mental adalah hak asasi manusia, inilah saatnya kesehatan mental tersedia untuk semua orang. Tema Mental Health for All, bertujuan untuk meningkatkan investasi dalam kesehatan mental dan memberikan akses bagi masyarakat yang mengalami gangguan pada kesehatan mental.



Kesehatan Mental adalah suatu kondisi individu yang terbebas dari gejala-gejala gangguan jiwa dan batin dalam kehidupan sehari-hari. Kesehatan