Hari Tuli Nasional

Tahukah Teman Inklusi? Pada tanggal 11 Januari diperingati sebagai Hari Tuli Nasional. Tuli merupakan sebuah identitas dengan keterbatasan pendengaran yang memiliki keberagaman budaya, bahasa isyarat, dan komunitas yang beragam. Tanggal tersebut ditetapkan berdasarkan hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Gerkatin selama tiga hari yang dilaksanakan pada tanggal 21-23 September 2017 di Hotel Lotus Garden Kediri.

Gerkatin (Gerakan Kesejahteraan Tuli Indonesia) merupakan sebuah perkumpulan organisasi Tuli di Indonesia yang sedang memperjuangkan hak dan kesetaraan Tuli. Rakernas Gerkatin tahun 2017 mengangkat tema “Konsolidasi Organisasi Gerkatin dalam rangka meningkatkan kapasitas dan memperkuat jaringan organisasi”.

Dalam Rakernas Gerkatin 2017, memutuskan tanggal peringatan Hari Tuli Nasional yang diselenggarakan pada 11 Januari bertepatan dengan tanggal lahirnya Organisasi Tuli pertama di Indonesia yang bernama SEKATUBI (Serikat Kaum Tuli-Bisu Indonesia) yang saat itu memperjuangkan kesadaran dan kebangkitan Tuli. Sekatubi dijalankan oleh Teman Tuli bernama, Aek Natas Siregar, Mumuh Wiraatmadja, dkk. Setelah pertama kali adanya organisasi Tuli yang beranggotakan 42 orang Tuli, munculnya beberapa organisasi Tuli dari daerah di pulau Jawa. Misalnya Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya.

Setelah memperjuangkan Hak dan Kesetaraan Tuli dalam bidang pendidikan yang belum menunjukkan hasil. Siregar dan Mumuh langsung bertemu dengan Presiden Soekarno untuk menyampaikan suara perjuangan komunitas Tuli yang membutuhkan kesempatan yang sama. Bapak Presiden Soekarno kemudian mendukung perjuangan tersebut dan menuliskan sebuah doa dalam surat untuk perjuangan Siregar dan kawan-kawan.



“Mudah-Mudahan usaha Siregar dan Mumuh dapat tercapai, sampai semua anak-anak bisu-Tuli dapat perhatian dari pemerintah. Tuhan yang Maha Esa selalu melindungi. Doa dari Bapak Soekarno, 1 Februari 1961.”

Hingga sekarang semua organisasi Tuli, komunitas Tuli, Aktivis Tuli, dan Teman Tuli di Indonesia sedang memperjuangkan aksesibilitas, kesempatan pendidikan yang sama, dan pekerjaan yang sama melalui advokasi dan edukasi.

Selamat Hari Tuli Nasional! (RYR/NNK)

Sumber: https://www.solider.id/baca/3786-rakernas-ke3-gerkatin-tetapkan-hari-tuli-nasional

https://ekspedisidifabel.wordpress.com/2019/01/11/selamat-hari-tuli-indonesia-sudahkah-hak-tuli-menerima-haknya-secara-penuh/


KONTAK KAMI

KLOBILITY

Gedung Alamanda, Lantai 23 
Jalan TB. Simatupang, 
kav 23-24 - Jakarta 12430  Indonesia

T: +6221 - 29661919 

F: +6221 - 29661917

EMAIL

  • Instagram
  • Twitter Social Icon
  • LinkedIn Social Icon
  • YouTube Social  Icon