Hari Disabilitas Internasional 2019: Indonesia Inklusif, Disabilitas Unggul


Tanggal 3 Desember dirayakan sebagai Hari Disabilitas Internasional sejak tahun 1992. Persatuan Bangsa-Bangsa menetapkan Hari Disabilitas Internasional dengan tujuan mempromosikan hak dan kesejahteraan penyandang disabilitas di masyarakat. Perayaan Hari Disabilitas Internasional juga meningkatkan kesadaran masyarakat tentang isu disabilitas di dunia politik, sosial, ekonomi, dan budaya.


Pada Hari Disabilitas Internasional tahun ini, Persatuan Bangsa-Bangsa mengusung tema "Promoting the participation of persons with disabilities and their leadership: taking action on the 2030 Development Agenda". Tema ini ingin mengangkat isu pemberdayaan penyandang disabilitas demi terbentuknya pembangunan yang inklusif, adil, dan berkelanjutan sejalan dengan Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan.


Di Indonesia, Hari Disabilitas Internasional 2019 dirayakan dengan tema "Indonesia Inklusi, Disabilitas Unggul". Tema ini diangkat sebagai salah satu langkah membentuk Indonesia yang lebih inklusif, di mana semua pihak atau golongan, termasuk penyandang disabilitas, turut berpartisipasi dalam masyarakat. Indonesia yang lebih inklusif diharapkan dapat mendorong penyandang disabilitas menjadi bibit unggul sehingga bisa mandiri dan turut berkontribusi untuk pembangunan bangsa dan negara. Selain itu, tema ini juga bertujuan untuk mendorong pemenuhan hak penyandang disabilitas, seperti pelayanan kesehatan, pendidikan, pekerjaan. (SKS)

KONTAK KAMI

KLOBILITY

Gedung Alamanda, Lantai 23 
Jalan TB. Simatupang, 
kav 23-24 - Jakarta 12430  Indonesia

T: +6221 - 29661919 

F: +6221 - 29661917

EMAIL

  • Twitter Social Icon
  • Facebook Social Icon
  • LinkedIn Social Icon
  • Instagram Social Icon
  • YouTube Social  Icon