Indonesia Targetkan 9 Juta SDM Digital



Di Indonesia kondisi pandemi sudah melewati 1 tahun, sejak tahun 2020. Banyak tantangan yang di hadapi oleh masyarakat Indonesia di masa pandemi agar mampu bertahan hidup dengan beradaptasi di kehidupan baru. Baik tantangan di sektor kesehatan, pendidikan, dan dunia kerja. Salah satu kunci agar mampu bertahan di masa pandemi adalah transformasi digital.


Menurut Presiden Joko Widodo (Jokowi), transformasi digital merupakan salah satu kunci untuk bertahan di masa pandemi karena membantu setiap masyarakat bekerja lebih cepat, efisien, dan produktif di tengah berbagai keterbatasan dengan memanfaatkan teknologi digital. Untuk menciptakan masyarakat dalam menghadapi transformasi digital, Menteri Komunikasi dan Informatika, dalam 15 tahun targetkan 9 juta Sumber Daya Manusia (SDM) digital di Indonesia.


Dilansir dari kominfo.go.id, berdasarkan data Bank Dunia dan McKinsey, dalam kurun waktu 2015 hingga 2030, Indonesia membutuhkan 9 juta SDM digital atau sekitar 600 ribu SDM digital setiap tahun. Untuk mencapaikan target SDM digital tersebut, pada tahun 2018 lalu, Kementerian Komunikasi dan Informatika meluncurkan program Digital Talent Scholarship.


Terdapat 4 sasaran Digital Talent Scholarship dari Kominfo, mengurangi pengangguran di bidang Kominfo, ahli kompetensi (reskilling dan upskilling) akibat layoff teknologi, peningkatan daya saing, dan penguatan kelembagaan.

Menurut Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika, Henri Subiakto, dalam acara virtual FMB9 “Pembangunan SDM Indonesia”, Selasa 10 November 2020