Kelompok Rentan Akibat Dampak Pandemi

Kelompok Rentan Akibat Dampak Pandemi



Ditengah kondisi pandemi yang masih belum kunjung reda dari berbagai dunia, ada beberapa masyarakat umum yang memiliki kerentanan tinggi yaitu kelompok rentan. Kelompok rentan merupakan salah satu yang paling terdampak akibat penyebaran virus Covid-19 Coronavirus Disease-19. Hal tersebut terjadi karena kelompok rentan yang memiliki keterbatasan ekonomi karena kesulitan mendapatkan akses pekerjaan, pendidikan, kesehatan dan kesempatan yang sama.

Dilansir dari artikel TNP2K (Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan) tnp2k.go.id, kelompok rentan yang paling terdampak karena kondisi pandemi adalah perempuan, Disabilitas, tenaga kerja sektor informal, hingga orang lanjut usia (lansia). Berikut lampiran tingkat kerentanan dari kelompok rentan yang terdampak di tengah pandemi Covid-19.


1. Perempuan

Perempuan merupakan kelompok rentan yang paling banyak terdampak di tengah kondisi pandemi Covid-19. Hal ini dipengaruhi oleh budaya yang membatasi perempuan dalam melakukan berbagai aktivitas kehidupan sehari-hari. Budaya tersebut menyebabkan tingginya tingkat kekerasan terhadap perempuan sehingga perempuan mengalami keterbatasan ekonomi di tengah kondisi pandemi Covid-19.


2. Disabilitas

Disabilitas merupakan bagian dari kelompok rentan terdampak pandemi yang mengalami berbagai tantangan dalam menerima akses pelayanan dan fasilitas kesehatan, pendidikan, dan pekerjaan. Misalnya aksesibilitas untuk sosialisasi mengenai protokol kesehatan dan Covid-19 terhadap Disabilitas masih belum ramah sehingga Disabilitas merasa keterbatasan dalam menerima informasi layanan kesehatan. Berdasarkan hasil data SUSENAS tahun 2019 mengatakan sekitar 9% atau sekitar 23,3 juta penduduk di Indonesia merupakan Disabilitas.


3. Tenaga Kerja Sektor Informal

Kondisi pandemi yang membuat individu harus membatasi aktivitas di luar rumah juga memberikan dampak terhadap tenaga kerja sektor informal. Tenaga kerja sektor informal yang tidak mampu bertahan misalnya penjual makanan keliling, ahli urut/pijat, tukang jahit, tukang ojek, pedagang kaki lima (PKL), dan tenaga kerja informal dari Disabilitas mengalami kerentanan yang tinggi di tengah pandemi Covid-19. Penyebabnya adalah penghasilan yang didapatkan oleh tenaga kerja sektor informal di tengah kondisi pandemi menurun.


4. Orang dengan Lanjut Usia (Lansia)

Orang dengan lanjut Usia merupakan bagian dari kelompok yang paling rentan ditengah pandemi. Kerentanan orang dengan lanjut usia (lansia) terjadi pada kesehatan dan keamanan. Dilansir dari kompas.com, menurut Pakar Geriatri UGM, Probosuseno, faktor yang membuat lansia rentan tertular Covid-19 adalah mengalami penurunan fungsional pada seluruh sistem tubuh dengan banyaknya lansia yang memiliki penyakit bawaan, seperti autoimun, diabetes, tekanan darah tinggi, kanker, dan jantung. (RYR)

Sumber:

https://nasional.kompas.com/read/2020/06/10/16391901/kelompok-rentan-perlu-mendapat-perlindungan-di-tengah-pandemi

http://tnp2k.go.id/articles/vulnerable-groups-in-the-covid-19-outbreak#:~:text=Kerentanan%20tersebut%20mencakup%20permasalahan%20kesehatan,lansia%2C%20dan%20pekerja%20sektor%20informal.

https://cpps.ugm.ac.id/kelompok-rentan-dan-covid-19-di-indonesia-sektor-informal-disabilitas-dan-perempuan/

https://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info%20Singkat-XII-10-II-P3DI-Mei-2020-243.pdf