Kilas Balik Kelas TIKO: Mengenal Marketing Secara Praktis



Kamis, 4 Maret 2021 – Awal bulan Maret 2021 lalu, TIKO (Teman Inklusi Klobility) kembali mengadakan kelas pengembangan kemampuan diri Disabilitas dengan topik “Mengenal Marketing Secara Praktis” bersama Ibu Gemala Zenobia, Marketing Coordinator Daya Dimensi Indonesia. Topik ini merupakan jawaban untuk teman-teman Disabilitas di TIKO yang membutuhkan program Marketing melalui survei dan diskusi di WhatsApp Group Disabilitas yang dikelola oleh Klobility.


Kelas TIKO yang diselenggarakan melalui Zoom ini di pandu oleh Mbak Nydia dari DDI (Daya Dimensi Indonesia, dan menyediakan akses Typist (Juru Ketik) untuk teman-teman Disabilitas yang membutuhkan. Sebagai Pemateri di Kelas TIKO, Ibu Gemala berharap, teman-teman Disabilitas bisa memiliki belajar Marketing secara mandiri. “Hari ini sharingnya secara praktis, kenapa secara praktis? Karena Teman-teman TIKO pengin tahu sih tentang Marketing ketertarikannya dimana aja? Makanya belajar secara praktis. Ujar, Ibu Gemala ketika baru memulai kelas TIKO.


Marketing merupakan ilmu yang dibutuhkan oleh perusahaan, namun juga diperlukan oleh setiap individu. Menurut Ibu Gemala yang sudah bertahun-tahun fokus di dunia Marketing, banyak sekali pengertian tentang Marketing menurut para ahli atau praktisi. Marketing itu akan berhasil jika ada orang lain yang butuh, bisa butuh dan ada ke pengin.


Pengertian istilah Marketing menurut American Marketing Association adalah aktivitas, struktur, dan proses membuat, mengomunikasikan, menyampaikan, dan menukarkan barang/jasa yang memiliki nilai bagi konsumen dan masyarakat secara umum. Selain, itu menurut Philip Kotler, Marketing merupakan ilmu dan seni mengeksplorasi, membuat, dan menyampaikan makna untuk memenuhi kebutuhan konsumen, sambil mendapatkan laba/profit.