Kilas Balik Kelas TIKO: Mengenal Marketing Secara Praktis



Kamis, 4 Maret 2021 – Awal bulan Maret 2021 lalu, TIKO (Teman Inklusi Klobility) kembali mengadakan kelas pengembangan kemampuan diri Disabilitas dengan topik “Mengenal Marketing Secara Praktis” bersama Ibu Gemala Zenobia, Marketing Coordinator Daya Dimensi Indonesia. Topik ini merupakan jawaban untuk teman-teman Disabilitas di TIKO yang membutuhkan program Marketing melalui survei dan diskusi di WhatsApp Group Disabilitas yang dikelola oleh Klobility.


Kelas TIKO yang diselenggarakan melalui Zoom ini di pandu oleh Mbak Nydia dari DDI (Daya Dimensi Indonesia, dan menyediakan akses Typist (Juru Ketik) untuk teman-teman Disabilitas yang membutuhkan. Sebagai Pemateri di Kelas TIKO, Ibu Gemala berharap, teman-teman Disabilitas bisa memiliki belajar Marketing secara mandiri. “Hari ini sharingnya secara praktis, kenapa secara praktis? Karena Teman-teman TIKO pengin tahu sih tentang Marketing ketertarikannya dimana aja? Makanya belajar secara praktis. Ujar, Ibu Gemala ketika baru memulai kelas TIKO.


Marketing merupakan ilmu yang dibutuhkan oleh perusahaan, namun juga diperlukan oleh setiap individu. Menurut Ibu Gemala yang sudah bertahun-tahun fokus di dunia Marketing, banyak sekali pengertian tentang Marketing menurut para ahli atau praktisi. Marketing itu akan berhasil jika ada orang lain yang butuh, bisa butuh dan ada ke pengin.


Pengertian istilah Marketing menurut American Marketing Association adalah aktivitas, struktur, dan proses membuat, mengomunikasikan, menyampaikan, dan menukarkan barang/jasa yang memiliki nilai bagi konsumen dan masyarakat secara umum. Selain, itu menurut Philip Kotler, Marketing merupakan ilmu dan seni mengeksplorasi, membuat, dan menyampaikan makna untuk memenuhi kebutuhan konsumen, sambil mendapatkan laba/profit.


Kenapa Marketing itu penting? Berbagai macam ada 1000 jawaban tentang pentingnya Marketing. Ibu Gemala menjelaskan, salah satunya adalah tidak ada manusia yang hidup sendiri. Karena kita tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dengan sendiri. Misalnya, manusia butuh makan, minum, dan pakaian. Pakaian, apakah manusia tersebut bisa menjahit atau membuat baju? Jika butuh makan, apakah manusia tersebut bisa memasak sendiri? Makanya ada kebutuhan hidup manusia yang belum terpenuhi, namun perlu di butuhkan.


Marketing itu luas banget, bisa diterapkan ke banyak perusahaan atau organisasi. Marketing tidak hanya membicarakan tentang promosi atau jualan. Secara simple Marketing itu ada 4P, yaitu Product, Price (harga), Place (tempat), and Promotion. Tidak hanya itu, Marketing perlu membicarakan tentang riset atau Market Research untuk mengetahui produk yang di butuhkan oleh masyarakat dan memenuhi kebutuhan hidup. (RYR)

KONTAK KAMI

KLOBILITY

Gedung Alamanda, Lantai 23 
Jalan TB. Simatupang, 
kav 23-24 - Jakarta 12430  Indonesia

T: +6221 - 29661919 

F: +6221 - 29661917

EMAIL

  • Instagram
  • Twitter Social Icon
  • LinkedIn Social Icon
  • YouTube Social  Icon