Kilas Balik Kelas TIKO: Social Media Marketing untuk Pemula


Kamis, 25 Maret 2021 lalu, Klobility kembali mengadakan kelas TIKO (Teman Inklusi Klobility) dengan tema “Marketing Media Sosial untuk Pemula” bersama Shabrina Kuswardani, Content Developer On-Demand Online Learning, Daya Dimensi Indonesia. Shabrina merupakan lulusan Psikologi dengan pengalaman di Digital Marketing dan Content Development. Saat ini, Shabrina adalah pembuat konten pembelajaran untuk peningkatan soft skill.


Kelas zoom yang menyediakan aksesibilitas juru bahasa isyarat dan juru ketik (typist) ini merupakan kelas ke-4 di tahun 2021 dan kelas ke-2 di bulan Maret 2021 yang sebelumnya kelas “Mengenal Marketing secara Praktis” bersama Gemala Zenobia, Marketing Coordinator Daya Dimensi Indonesia.



Di kelas TIKO sebelumnya, Ibu Gemala Zenobia mengatakan bahwa marketing tidak hanya berfokus pada jualan atau promosi, namun Marketing juga banyak dibutuhkan oleh organisasi atau perusahaan. Kelas Marketing Media Sosial untuk Pemula juga membahas tentang apa itu digital marketing, social media marketing, membuat rencana konten dan promosi.


Berdasarkan data dari Glints.com, sebuah penelitian menjelaskan bahwa lebih dari 3,2 miliar orang di dunia menggunakan media sosial dalam kehidupan sehari-hari. Angka tersebut merupakan peluang bagi perusahaan atau organisasi yang banyak membutuhkan tenaga kerja di posisi marketing media sosial atau yang di kenal dengan social media marketing agar mencapai target perusahaan atau organisasi.


Digital marketing adalah proses pemasaran produk dengan memanfaatkan teknologi digital yang terkoneksi internet. Pemateri kelas TIKO, Shabrina menjelaskan proses marketing sacara digital terbagi dua yaitu organik (tidak berbayar) dan berbayar. Organik misalnya, email marketing, search engine optimization (SEO), social media marketing. Berbayar misalnya search engine marketing (SEM) dan social media marketing.


Setelah menjelaskan tentang marketing media sosial, Shabrina menambahkan tentang bagaimana menentukan rencana konten. Sebelum membuat rencana untuk konten ada 4 tahap yang harus dilakukan yaitu, mengetahui platform yang digunakan, frekuensi (menentukan berapa kali posting dalam satu minggu), alur, dan tema konten untuk suatu periode.


Jika Teman Inklusi adalah Disabilitas, tertarik untuk belajar mengembangkan kemampuan diri bersama TIKO, silakan langsung menghubungi Klobility atau direct message (DM) ke Instagram Klobility (@klobility.id) atau dengan klik link di sini bit.ly/YukDaftarTIKO2021 (RYR)