Kilas Balik Kelas WhatsApp Group TIKO





Kamis 28 Januari 2021 – Sebuah platform digital terbaru untuk Disabilitas yang diinisiasi oleh Klobility, WhatsApp Group TIKO (Teman Inklusi Klobility) mengadakan kelas pengembangan kemampuan diri Disabilitas dengan tema “Siapkan Diri untuk Menambah Skill!”, bersama Kak Pandu dari Klobility. Kelas perdana tersebut dilaksanakan melalui percakapan WhatsApp Group secara tulisan yang melibatkan semua ragam Disabilitas.


TIKO (Teman Inklusi Klobility) adalah sebutan untuk WhatsApp Group Disabilitas yang diinisiasi dan dikelola oleh Klobility untuk mengembangkan atau meningkatkan kemampuan diri teman-teman Disabilitas agar memiliki kesempatan yang sama di dunia kerja. “Klobility ingin mengajak teman-teman Disabilitas untuk belajar bersama dan mengembangkan diri supaya mendapatkan kesempatan kerja sesuai yang dibutuhkan perusahaan”, ujar Kak Pandu saat memulai kelas perdana TIKO.


Awal terbentuknya TIKO adalah rendahnya partisipasi teman-teman Disabilitas dalam mengikuti sesi pengembangan diri yang diberikan oleh Klobility melalui Webinar Inklusi tahun lalu https://www.instagram.com/p/CJXqjxIjIDq/?igshid=kbo4qrz0x116. Akhirnya Klobility berinisiatif untuk merangkul teman-teman Disabilitas agar mengembangkan kemampuan diri Disabilitas melalui TIKO (Teman Inklusi Klobility).


Kelas perdana TIKO dengan tema “Siapkan Diri untuk Menambah Skill!” tidak selalu membicarakan tentang kerja namun membicarakan bagaimana teman-teman memiliki kemampuan untuk siap kerja. “Jika tidak teman-teman Disabilitas tidak mengembangkan diri akan lebih susah untuk bersaing mendapatkan pekerjaan yang sama, untuk itu perlu mengembangkan diri agar mendapatkan kesempatan yang sama”, pesan Kak Pandu, Business Development and Partnership Klobility.


Menurut Kak Pandu di kelas TIKO, ada tiga jenis pekerjaan yang dibutuhkan tahun 2021 yaitu Hybrid roles (pekerjaan double), pekerjaan digital, dan pekerjaan bukan digital. Pekerjaan Hybrid roles (pekerjaan double) merupakan pekerjaan yang dicari oleh perusahaan/organisasi untuk pegawainya yang bisa mengerjakan beberapa hal. Misalnya jika orang tersebut bekerja sebagai administrasi, sekarang bisa ditambah dengan pekerjaan keuangan.


Pekerjaan digital seperti Digital Marketing (pemasaran online), Graphic Desainer/Desain, Data Analyst (Analis Data), Software Developer adalah pekerjaan yang menggunakan komputer atau laptop. Pekerjaan bukan digital seperti, Finance atau Keuangan, Human Resource atau Sumber Daya Manusia merupakan jenis pekerjaan yang paling banyak dibutuhkan oleh perusahaan atau organisasi di tahun 2021. (RYR)

Sumber:

Kelas WAG TIKO, kamis 28 Januari 2021















KONTAK KAMI

KLOBILITY

Gedung Alamanda, Lantai 23 
Jalan TB. Simatupang, 
kav 23-24 - Jakarta 12430  Indonesia

T: +6221 - 29661919 

F: +6221 - 29661917

EMAIL

  • Twitter Social Icon
  • Facebook Social Icon
  • LinkedIn Social Icon
  • Instagram Social Icon
  • YouTube Social  Icon