Kilas Balik Ngabuburit bareng TIKO: Mengenal Diri untuk Sukses

Rabu, 28 April 2021 di tengah menjalankan ibadah puasa hari ke-16 bulan ramadan 1442 H, Klobility mengadakan kelas pengembangan kemampuan diri TIKO (Teman Inklusi Klobility) melalui WhatsApp chat grup dengan tema “Mengenal Diri untuk Sukses”, bersama Pandu Wicaksono, Business Development and Partnership Klobility. Ngabuburit bareng TIKO ini juga diikuti oleh berbagai ragam teman Disabilitas dari berbagai daerah di Indonesia.



Pada sesi pengembangan kemampuan diri TIKO sebelumnya di bulan Januari 2021 melalui WhatsApp chat grup dengan tema “Siapkan Diri Untuk Menambah Skill”, Kak Pandu menjelaskan tentang pentingnya mengembangkan kemampuan diri dan jenis pekerjaan yang dibutuhkan tahun 2021. Nah, di sesi ngabuburit bareng TIKO rabu kemarin Kak Pandu kembali menambahkan tentang bagaimana cara mengenal diri untuk sukses.


Di era kemajuan teknologi dan gaya hidup, banyak orang ingin meniru untuk menjadi orang lain. Seperti meniru dalam berpakaian, gaya bicara, make up, kendaraan, dan sebagainya. Hingga mereka lupa, sebenarnya kita memiliki cara yang sesuai dengan dari diri kita sendiri. Hal tersebut sangat penting bagi kita untuk mengenal dan menerima diri kita sendiri supaya membuat kita fokus pada pengembangan diri sendiri dan paham kebutuhan diri, ujar Kak Pandu ketika memulai sesi online.


Ada tiga cara yang bisa membantu mengenal diri sendiri menurut Kak Pandu, yaitu self discovery, self reflect, dan mindfull atau berkesadaran.

  1. Self Discovery adalah suatu kegiatan menemukan diri sendiri. Misalnya menulis kegiatan syukur harian, hal yang tidak disuka dan disuka, menulis cita-cita atau pencapaian yang ingin dicapai.

  2. Self Reflect adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan menanyakan kepada diri sendiri. Contohnya, sekarang susah sekali cari pekerjaan yang sesuai, aku pengin sekali jadi content writer, apa yang harus aku lakukan?

  3. Mindfull atau berkesadaran adalah sebuah teknik yang digunakan untuk membantu kita sadar akan apa yang kita lakukan. Mindfulness melatih kesadaran tidak cuek, membantu menemukan kebutuhan diri kita sendiri dan menemukan kebahagiaan. Jika tiba-tiba merasakan rasa jenuh, istirahatkan pikiran sejenak dengan menjauhi penggunaan hp atau media sosial.


Selesai pemaparan materi dari Kak Pandu, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab teman-teman TIKO dengan Kak Pandu terkait dengan tema yang disampaikan tadi. Jika Teman Inklusi adalah Disabilitas, tertarik untuk belajar mengembangkan kemampuan diri bersama TIKO, silakan langsung menghubungi Klobility atau direct message (DM) ke Instagram Klobility (@klobility.id) atau dengan klik link di sini untuk mendaftar bit.ly/YukDaftarTIKO2021 (RYR).