Kilas Balik Sesi TIKO: Mengenal Pekerjaan Blogger (Tulisan Jadi Penghasilan)


Selasa, 11 Mei 2021, Klobility mengadakan sesi sharing session dari member grup TIKO (Teman Inklusi Klobility). Sesi ini merupakan sesi perdana dari rangkaian kelas pengembangan kemampuan diri TIKO yang dibawakan oleh member grup TIKO. Sesi yang mengajak teman-teman Disabilitas untuk belajar mengembangkan kemampuan diri tersebut dilakukan melalui virtual, baik WhatsApp grup TIKO dan maupun Zoom.




Pada sesi sharing session perdana yang diselenggarakan melalui WhatsApp grup TIKO membawakan tema “Mengenal Pekerjaan Blogger”, bersama Firsty Ukhti Molyndi. Perempuan yang biasa disapa dengan Kak Molly merupakan penyandang Disabilitas Daksa/Cerebral Palsy asal kota Palembang yang saat ini masih menekuni dunia menulis di media digital. Selain itu, pemilik nama pena Molzania juga merupakan seorang konten kreator, blogger, dan member grup TIKO yang masih aktif sampai sekarang.


Sebelum pemaparan materi, Kak Molly memperkenalkan dirinya yang mulai aktif di blog tahun 2009. Pada tahun 2014, pemilik nama pena Molzania serius mengeluarkan uang untuk menjadikan blognya yang terlihat profesional.

“Saya terus fokus ngeblog dan belajar menulis hingga saat ini. Selain ngeblog, saya juga mengelola youtube, dan berbagai media sosial”, jelas Kak Molly ketika memulai pemaparan materinya.


Di era kemajuan digitalisasi, menulis bisa dilakukan dimana saja. Baik dilakukan offline maupun online yang menggunakan berbagai ragam platform digital. Salah satu menulis di media online yang bisa menghasilkan pendapatan adalah blog. Biasanya, Kak Molly menggunakan blog untuk membagikan tulisannya tentang Perempuan, Disabilitas, dan Teknologi. Views yang didapat dari blognya, bisa mencapai 20.000an per bulan dan Kak Molly bisa mendapatkan penghasilan sebesar 500-1 juta per tulisan.


Pernahkah Teman Inklusi mendengar istilah blog? Pada sesi “Mengenal Pekerjaan Blogger”, melalui WhatsApp group text, Kak Molly telah menjelaskan tentang apa itu istilah blog, beragam platform blog, mengenal struktur di blog yang disertai dengan gambaran, hingga cara blogger memperoleh penghasilan. Kak Molly juga berharap dengan teman-teman TIKO agar pengalamannya selama 12 tahun menjadi blogger bisa menginspirasi teman-teman Disabilitas yang belajar mengembangkan kemampuan diri. Teman Inklusi bisa membaca blognya di https://www.molzania.com.


Selesai pemaparan materi dari Kak Molly, dilanjutkan sesi tanya jawab. Beberapa teman-teman TIKO aktif bertanya terkait dengan materi yang disampaikan oleh Kak Molly. Jika Teman Inklusi adalah Disabilitas, tertarik untuk belajar mengembangkan kemampuan diri bersama TIKO, silakan langsung menghubungi Klobility atau DM ke Instagram Klobility (@klobility.id) atau dengan klik link di sini untuk mendaftar bit.ly/YukDaftarTIKO2021 (RYR)