Kilas Balik WA Group TIKO: Tips Persiapan Wawancara Kerja



Kamis 18 Februari 2021 lalu, Klobility kembali menyelenggarakan webinar khusus Disabilitas di bulan Februari 2021 melalui TIKO (Teman Inklusi Klobility). TIKO merupakan sebutan untuk platform WhatsApp group khusus Disabilitas yang mau mengembangkan kemampuan diri. Webinar yang dihadirkan sekitar 18 peserta Disabilitas dari TIKO mengangkat topik tentang “Tips Persiapan Wawancara Kerja”, bersama Bapak Aditya Rikidaniel, Head of Business Klobility.


Sebelum membahas topik tentang wawancara kerja, Klobility telah mengajak diskusi dengan teman-teman Disabilitas yang ada di WhatsApp group TIKO. Hasil diskusi dengan teman-teman Disabilitas di TIKO yaitu banyak teman-teman Disabilitas yang belum lolos setelah melakukan proses wawancara kerja di suatu perusahaan atau organisasi untuk mendapatkan pekerjaannya. Ada yang pernah melamar kerja di BUMN (Badan Usaha Milik Negara) dan ada juga yang melamar di perusahaan swasta, baik wawancara kerja dilakukan melalui online maupun dilakukan dengan tatap muka atau offline. Dari hasil diskusi dengan teman-teman Disabilitas di TIKO, Klobility menyelenggarakan program pengembangan kemampuan diri tentang persiapan untuk wawancara kerja dengan menyediakan aksesibilitas juru bahasa isyarat untuk teman-teman Tuli di TIKO.


Melakukan persiapan sebelum wawancara kerja merupakan hal yang perlu diperhatikan ketika melamar pekerjaan. Namun, wawancara kerja juga bukan tahap yang mudah dilewati. Sesi kelas pengembangan kemampuan diri Disabilitas tersebut, teman-teman Disabilitas diajak untuk mengetahui dan belajar, bagaimana proses rekrutmen, hal apa saja yang harus disiapkan, dan etika saat wawancara kerja, baik offline, maupun online.


Ketika mencari pekerjaan di suatu perusahaan atau organisasi dengan melamar kerja, ada beberapa hal penting yang harus dipersiapkan oleh Teman Inklusi untuk wawancara kerja. Persiapan yang matang untuk wawancara kerja merupakan kunci sukses diterima di te