Klobility Mendukung Nenilai Indonesia; Mencari Nilai Kebangsaan untuk Indonesia yang Lebih Baik.

Jakarta, 11 Agustus 2020 Sebagai bagian dari DayaLima Family, Klobility percaya bahwa setiap orang adalah pemimpin yang memiliki tujuan (purpose) berdasarkan nilai-nilai pribadi yang penting. Kumpulan nilai dan norma sosial yang mendasari pola bermasyarakat memegang peran penting dalam memandu hidup serta membentuk budaya bermasyarakat. Contohnya, masyarakat yang tertib mengantri, menghargai struktur dan nilai disiplin. Begitu pula masyarakat yang inklusif terhadap komunitas rentan, memiliki nilai-nilai kepedulian yang tinggi. Sejalan dengan niat membangun Indonesia yang inklusif, Klobility mendukung inisiatif untuk memaknai nilai kebangsaan Indonesia melalui Nenilai Indonesia.

Nenilai (bukan typo dari menilai) merupakan sebuah inisiatif bersama untuk membangun Indonesia melalui survei dan dialog bermakna tentang nilai-nilai yang penting bagi individu, komunitas dan bangsa. Nenilai menggunakan pendekatan Appreciative Inquiry dalam melakukan dialog dengan public atas hasil survei Nenilai. Pendekatan ini dipilih untuk menebarkan semangat positif membangun Indonesia. Survei nenilai menggunakan instrumen National Values Assessment berdasarkan 7 levels of consciousness oleh Barrett Values Centre.

Dalam memanusiakan Indonesia, Nenilai melakukan survei dan dialog tentang nilai-nilai yang penting. Hasil dari Nenilai akan dijadikan rekomendasi untuk membangun negara secara berkelanjutan, mulai dari memonitor, membuat rencana, membahas isu penting, dan memberikan wadah untuk berbicara tentang hal-hal yang penting bagi setiap orang. Kami percaya bahwa setiap orang memiliki nilai-nilai yang dijunjung tinggi, baik secara pribadi maupun kolektif. Nilai-nilai tersebutlah yang mampu memberikan motivasi untuk kita maju dan bergerak bersama.

Kalau menurut Teman Inklusi, apa nilai-nilai yang penting bagimu?


Untuk mempelajari lebih lanjut tentang Nenilai, kunjungi situs https://nenilai.id dan follow Instagram @nenilai.id. Klobility juga ikut mengajak Teman Inklusi untuk mengisi Survei Nenilai melalui tautan bit.ly/survei-nenilai. Survei dibuka hingga akhir tahun 2020. (GZN)