Klobility Punya Platform Baru: WhatsApp Group Disabilitas


Perkembangan digitalisasi di era new planet telah menciptakan berbagai perubahan yang lebih baik dan inovasi yang lebih inklusif. Seperti platform digital yang telah mampu memudahkan aktivitas manusia dalam segala aspek kehidupan. Tidak hanya memudahkan aktivitas manusia, platform digital juga menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan maju, sehingga mampu berkembang dan bersaing secara global. Hal tersebut juga pernah disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, pada tanggal 3 Agustus 2020.

Dilansir dari kompas.com Presiden Joko Widodo telah memberikan arahan tentang pentingnya percepatan transformasi digital dengan lima langkah, salah satunya adalah mempersiapkan kebutuhan sumber daya manusia (SDM) talenta digital.

Tahun 2021, Klobility memiliki platform digital baru untuk semua ragam Disabilitas yang mau mengembangkan kemampuan diri yaitu WhatsApp Group. Perkenalkan nama WhatsApp Group yang dikelola oleh Klobility adalah TIKO (Teman Inklusi Klobility).

TIKO akan membantu teman-teman Disabilitas yang ingin mengembangkan kemampuan diri sehingga mendapatkan pekerjaan yang sama dan menciptakan sumber daya manusia (SDM) Disabilitas yang unggul dan berkualitas.

Tidak hanya menciptakan SDM Disabilitas yang unggul dan berkualitas, platform WhatsApp Group untuk semua ragam Disabilitas juga merupakan tempat untuk berbagi pengalaman dari teman-teman Disabilitas dan diskusi terbuka secara inklusif.

Berawal dari rendahnya partisipasi teman-teman Disabilitas dalam mengikuti sesi pengembangan diri yang diberikan oleh Klobility melalui Webinar Inklusi 2020. Webinar gratis yang telah menyediakan akses juru bahasa isyarat atau juru ketik dan melibatkan semua Disabilitas dan Nondisabilitas melalui platform Zoom. Akhirnya, Klobility berinisiatif untuk merangkul semua ragam Disabilitas melalui platform digital WhatsApp Group yang bernama TIKO. (RYR)