Kumpulan Tokoh Disabilitas Mental



1. Thomas Alva Edison (Amerika Serikat)

Teman Inklusi pasti mengenal salah satu penemu lampu pijar pertama di dunia yang bernama Thomas Alva Edison. Disisi lain, Thomas Alva Edison ternyata pernah mengalami keterbatasan mental seperti mengalami gangguan fokus belajar, sehingga ia tidak bisa membaca sampai umur 12 tahun. Meskipun dengan keterbatasan mental, karirnya semakin sukses setelah ia menemukan banyak penemuan yang membawa perubahan untuk dunia sehingga ia menjadi seorang pengusaha dan ilmuwan terkenal di dunia.

2. Isaac Newton (Inggris)

Selain ilmuwan seperti Thomas Alva Edison, siapa yang tak kenal dengan penemu gaya gravitasi? Isaac Newton, ilmuwan asal Inggris ini ternyata juga seorang pengidap autisme, salah satu bagian dari disabilitas mental. Isaac Newton memiliki karakteristik mentalnya dalam berbicara sehingga ia merasa kesulitan berinteraksi dengan orang lain. Di tengah keterbatasan mentalnya, ia tetap terkenal sebagai fisikawan dan matematikawan dengan teori gravitasi dan penemuan lain selama revolusi ilmu pengetahuan.

3. Miana Bryant (Amerika Serikat)

Miana Bryant merupakan seorang perempuan disabilitas mental yang lahir dan dibesarkan di Prince George County, Maryland, Amerika Serikat. Ia mengalami disabilitas mental di usia remaja, saat itu dia mengalami depresi dan kecemasan selama hidupnya. Untuk memperjuangkan keterbatasan mental yang di alaminya, ia berhasil menyelesaikan pendidikan tinggi sehingga ia mendapat gelar Bachelor of Arts di Psikologi, Universitas Carolina Timur, Amerika Serikat. Ia kemudian membangun “The Mental Elephant”, sebuah organisasi yang berfokus mempromosikan kesehatan mental yang positif ke seluruh dunia.

4. Hana Madness (Indonesia)

Siapa Teman Inklusi yang belum mengenal Hana Madness? Hana Madness dengan nama asli Hana Alfikih ialah perempuan disabilitas mental asal Indonesia yang mengalami penyakit bipolar disorder atau kondisi gangguan yang membuat perubahan suasana hati yang tidak bisa dikontrol sehingga tidak dapat mengatur emosi dengan baik. Sebagai seorang seniman doodle, karyanya sudah dipamerkan dari berbagai negara. Selain berprestasi di dunia seni, perempuan kelahiran Oktober 1992 yang memperjuangkan advokasi kesehatan mental itu pernah menjadi perwakilan Indonesia dalam pameran ruang karya seni bagi penyandang disabilitas, Unlimited Festival di London, Inggris. Selengkapnya tentang Hana Madness di https://www.klobility.id/post/hana-madness-merangkul-bipolar-melalui-seni

Sumber:

https://www.tokohkita.co/read/20190714/611/tokoh-pengidap-autisme-ini-jadi-inspirasi-dunia https://id.wikipedia.org/wiki/Thomas_Alva_Edison http://www.thementalelephant.com/about.html https://mashable.com/2018/05/27/inspiring-youth-mental-health-activists-to-follow/ https://id.wikipedia.org/wiki/Isaac_Newton https://www.klobility.id/post/hana-madness-merangkul-bipolar-melalui-seni

KONTAK KAMI

KLOBILITY

Gedung Alamanda, Lantai 23 
Jalan TB. Simatupang, 
kav 23-24 - Jakarta 12430  Indonesia

T: +6221 - 29661919 

F: +6221 - 29661917

EMAIL

  • Twitter Social Icon
  • Facebook Social Icon
  • LinkedIn Social Icon
  • Instagram Social Icon
  • YouTube Social  Icon