Mengenal Dewijaya Care Produk Usaha Teman Netra



Teman Inklusi pernah mengalami masalah pada kesehatan kulit? Nah, kali ini Klobility berbincang dengan salah satu pendiri Dewijaya Care, sebuah usaha yang menciptakan produk-produk perawatan dan kesehatan kulit yang dibangun oleh 2 orang Teman Netra, Dewi dan Wijaya. Berikut hasil wawancara UMKM Inklusi, Klobility dengan Ibu Dewi melalui percakapan WhatsApp.


Halo Kak, semoga dalam keadaan sehat selalu ya Kak, boleh ceritakan tentang diri Kakak? Nama Saya Dewi Winarti, Saya lahir di Jakarta, Saya anak kedua dari dua bersaudara. Saya seorang penyandang Disabilitas Netra low vision dewasa. Saya mengalami keterbatasan penglihatan bukan dari lahir, namun disebabkan oleh panyakit auto imun Steven Johnson Syndrome.


Apa itu usaha Dewijaya Care ya Kak?

Beragam sumber alam yang gemah ripah loh jinawi di Nusantara, telah dipelihara serta diwariskan oleh para leluhur kita, sehingga sampai saat ini memberikan manfaat bagi kehidupan kita semua, salah satu manfaatnya bagi kesehatan kulit.

Melalui konsep Socialpreneurship, pada tahun 2016 Dewijaya Care yang didirikan oleh dua penyandang disabilitas Netra Dewi dan Wijaya memberikan warna serta terobosan baru dalam dunia usaha di tengah – tengah para pecinta produk perawatan dan kesehatan kulit di Indonesia.


Dalam setiap produk yang dihasilkan, Dewijaya Care selalu mengutamakan berbagai kandungan alami yang sesuai dengan kebutuhan untuk jenis kulit sehat, dan juga memberikan rasa aman, serta amanah.


Selain menawarkan produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit yang sehat, kami berinovasi mengembangkan warisan budaya dari leluhur dengan mengikuti perkembangan jaman, serta mengusung gagasan produk yang ramah serta memelihara ekosistem.


Dengan komitmen Dewijaya Care untuk mewujudkan usaha yang berdampak positif bagi sosial, dan ekosistem, maka kami melakukan berbagai terobosan serta menggandeng dan berkolaborasi dengan lembaga pemerintah atau nonpemerintah, agar menjadi produk Indonesia yang memberikan dampak bagi pecinta produk perawatan dan kesehatan kulit.


Tantangan apa saja yang ditemui di awal membangun usaha Dewijaya Care? Berbagai tantangan Dewijaya Care alami dalam membangun usaha kami. Mulai dari awal dimana dengan kondisi fisik dari pendiri Dewijaya Care, yang memiliki keterbatasan penglihatan. Sehingga membutuhkan perjuangan extra, dalam membangun kepercayaan bagi customer kami serta, masyarakat umum. Bukan hanya itu, dengan kondisi tersebut kami memiliki tantangan akan minimnya aksesibilitas di berbagai bidang.


Selain itu, tidak kami pungkiri, dengan minimnya modal yang Dewijaya Care miliki, menjadi kendala juga untuk mengembangkan usaha kami. Namun segala tantangan- tantangan tersebut kami lewati dikit demi sedikit dengan berbagai strategi serta, cara agar dapat meminimalis resiko dalam usaha. Dengan konsep usaha kami yang memiliki dasar sosialpreneurship, Dewijaya Care sangat membuka setiap kolaborasi atau kerjasama di segi apapun.


Apakah Dewijaya Care mempekerjakan disabilitas dan nondisabilitas? Untuk saat ini Dewijaya Care, dalam pengembangan usaha selain kami berdua yang memiliki disabilitas, dalam produksi dibantu juga pengerjaannya oleh non disabilitas. Selain itu kami juga menggunakan jasa freelancer. Harapannya kami bisa juga membuka peluang dan kesempatan bekerja bagi sahabat- sahabat disabilitas.


Selama pandemi covid-19, tantangan apa yang dialami oleh usaha Dewijaya Care ya Kak? Selama Pandemi ini, Dewijaya Care mengalami beberapa kendala. Salah satunya dengan keterbatasan kami serta modal yang minim, kendala terbesar adalah mengenai aksesibilitas serta pemasaran. Kebijakan pembatasan sosial dari pemerintah memaksakan Dewijaya Care, untuk melakukan pemasaran secara online, sedangkan banyak platfom promosi secara digital yang belum akses dan berbayar.


Apa mimpu untuk usaha Dewijaya Care ya Kak? Dan pesan apa yang ingin disampaikan untuk teman-teman Disabilitas yang belum bekerja atau berkarya? Target Dewijaya Care kedepannya, usaha serta produk kami dapat berkembang di dalam negeri, ataupun di luar negeri. Selain itu bisa memberikan kontribusi, bukan hanya kepada masyarakat, tetapi bagi lingkungan melalui usaha dan produk kami.

Harapan bagi sahabat- sahabat disabilitas. Memulai dari yang sederhana, serta berusaha untuk bermanfaat, bukan memanfaatkan. Tetap yakin dan percaya diri walaupun banyak tantangan.


Apakah ada pesan untuk perusahaan atau organisasi yang belum berani mempekerjakan Disabilitas? Kami berharap berbagai kalangan menilai Disabilitas bisa secara objektif, dan berdasarkan potensi yang dimiliki dengan menyesuaikan kebutuhan yang diperlukan Disabilitas juga merupakan SDM (Sumber Daya Manusia).

Narasumber: Dewi Winarti/ Disabilitas Netra – Pemilik usaha Dewijaya Care Pewawancara: Ridho Yulio Rahmadino