Mengenal Front End Developer

Pernahkah Teman Inklusi membuka tampilan aplikasi belanja online, aplikasi permainan online, hingga website pembelajaran online? Semua aplikasi dan website yang memudahkan penggunaannya agar dapat melakukan berbagai aktivitas sehari-hari tidak lepas dari salah satu pekerjaan front end developer. Sebenarnya siapa itu front end developer?


Front end developer bagian dari pekerjaan web development memiliki peranan penting dalam mengembangkan situs website dan aplikasi. Front end developer merupakan orang yang bekerja dalam mengembangkan semua komponen visual pada situs pencarian, agar tampilan situs pencarian (website) menjadi lebih menarik.Pada dasarnya, front end developer memastikan agar tampilan website atau aplikasi dapat dilihat oleh pengguna, sehingga pengguna dapat menerima informasi yang ditampilkan dalam website dan aplikasi.



Menjadi seorang front end developer harus memiliki tiga kemampuan dasar dalam bahasa pemrograman yang utama yaitu HTML (HyperText Markup Language), CSS (Cascading Style Sheets), dan JS (JavaScript). Ketiga kemampuan tersebut merupakan kemampuan dasar dalam mengembangkan situs website dan aplikasi.

HTML ditulis dalam sekumpulan tags yang berisi perintah dan kode tertentu. CSS merupakan bahasa pemrograman yang bisa mengatur seluruh tampilan situs website sehingga terlihat lebih menarik dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Sedangkan Javascript adalah bahasa pemrograman yang membuat website agar lebih dinamis dan interaktif.


Front end developer mulai bekerja setelah menerima desain dari User Interface (UI) designer. Jika tidak ada perubahan dari desain yang sudah dibuat oleh UI designer, maka desain tersebut langsung dikerjakan oleh front end developer ke HTML, CSS, dan JS untuk meneruskan pengembangan tampilan website dan aplikasi.