Mengenal Keberagaman di Lingkungan Kerja

Keberagaman tidak hanya mencakup bagaimana individu mengidentifikasi diri mereka sendiri, namun bagaimana orang lain dan organisasi memandang mereka. Tahukah Teman Inklusi apa itu keberagaman di tempat kerja? Keberagaman di tempat kerja adalah berbagai perbedaan yang melekat pada diri individu seperti etnis, jenis kelamin, gender, orientasi seksual, agama, abilitas/disabilitas, nilai-nilai, etika, kemampuan, kebaikan, dan asal kebangsaan dalam suatu organisasi/perusahaan tertentu. Keberagaman di tempat kerja juga merupakan salah satu tahapan menjadi perusahaan inklusi.


Perusahaan inklusi adalah perusahaan yang mengakomodir dan menghargai keberagaman karyawannya sehingga mereka dapat berkontribusi secara penuh dan tanpa diskriminasi, serta mencapai pengalaman positif dalam pekerjaan. Setiap karyawan di tempat kerja memiliki kontribusi masing-masing dengan adanya perbedaan perspektif, kepribadian, dan kemampuan. Keberagaman ini dapat memberi pandangan yang berbeda tentang peluang baru dan tantangan yang dihadapi perusahaan. Bagaimana dengan manfaat keberagaman di tempat kerja?



Menciptakan tempat kerja yang inklusif

Merangkul keberagaman di tempat kerja cenderung memberikan suasana tempat kerja yang nyaman dan inklusif sehingga karyawan dengan berbagai perbedaan yang melekat pada dirinya dapat dihargai dan dihormati dengan perlakuan yang sama sehingga menciptakan budaya positif bagi perusahaan dan karyawan.

Meningkatkan berbagai pengetahuan (knowledge sharing)

Tempat kerja yang mendukung keberagaman mampu meningkatkan berbagai pengetahuan yang sangat luas dari latar belakang dan pengalaman karyawan yang berbeda, pendidikan yang berbeda, dan kemampuan atau bidang yang berbeda sehingga membuat perusahaan/organisasi yang merangkul keberagaman lebih mudah bekerja antara individu yang satu dengan individu yang lain dalam perusahaan/organisasi.

Keterlibatan karyawan (employee engagement)

Keberagaman di tempat kerja tidak hanya melibatkan berbagai perbedaan yang terjadi pada karyawan, namun mendengarkan dan memenuhi apa yang dibutuhkan dan apa yang perlu dikembangkan sehingga keterlibatan karyawan mampu membangun kemajuan bagi perusahaan agar tetap bertahan ditengah krisis.

Mengurangi pergantian karyawan (turnover)

Tempat kerja yang memiliki keberagaman karyawan dengan kinerja yang baik mampu menurunkan pengurangan karyawan (turnover) sehingga karyawan merasa dapat dihargai, diterima, dan bertahan lebih lama di tempat kerja.

Meningkatkan produktivitas dan laba perusahaan

Keberagaman di tempat kerja ternyata telah membantu perusahaan-perusahaan meningkatkan hasil usaha melalui peningkatan laba dan produktivitas. Hal ini terbukti dengan laporan penelitian berdasarkan survei ILO (International Labour Organization) yang menyatakan bahwa sekitar 77 persen dari 400 perusahaan di Indonesia yang mengikuti survei telah mendapatkan manfaat keberagaman dalam bisnis mereka.


Klobility sebagai organisasi yang berfokus pada isu keberagaman dan inklusi untuk kelompok rentan mempersiapkan beberapa infrastruktur penting melalui pelatihan dan diskusi agar mampu meningkatkan kesadaran tempat kerja yang inklusif. Keberagaman di tempat kerja memberikan dampak positif dan keuntungan bagi kemajuan perusahaan atau organisasi baik secara bisnis maupun pribadi karyawan.

(RYR/SAR)

Sumber:

1. https://blog.smarp.com/diversity-and-inclusion-best-practices-focus-on-in-2020

2. https://www.peoplescout.com/insights/managing-diversity-in-workplace/#:~:text=Be%20open%2Dminded,efforts%20to%20achieve%20organizational%20goals.

3. https://www.klobility.id/perusahaan-inklusi

4. https://www.ilo.org/jakarta/info/public/pr/WCMS_753493/lang--en/index.htm

Recent Posts

See All

Bagaimana Cara Merangkul Keberagaman?

KITA BUKAN BERBEDA TAPI BERAGAM! Keberagaman merupakan sebuah identitas bangsa yang harus dimiliki oleh setiap orang maupun organisasi. Adanya isu perpecahan atau konflik yang berhubungan dengan keber

KONTAK KAMI

KLOBILITY

Gedung Alamanda, Lantai 23 
Jalan TB. Simatupang, 
kav 23-24 - Jakarta 12430  Indonesia

T: +6221 - 29661919 

F: +6221 - 29661917

EMAIL

  • Twitter Social Icon
  • Facebook Social Icon
  • LinkedIn Social Icon
  • Instagram Social Icon
  • YouTube Social  Icon