Mengenal Startup di Era Digital: Startup di Sektor Kopi


Istilah “startup” di era digital sebenarnya sudah familiar di dunia kerja. Menurut wikipedia, startup atau (startup company/start-up company) adalah perusahaan yang belum lama beroperasi, sehingga disebut dengan perusahaan rintisan. Startup adalah bisnis atau usaha yang baru didirikan dengan menerapkan inovasi teknologi untuk menjalankan segala aktivitas yang penting di bisnis (core business) dan menciptakan solusi di masyarakat.



Di era digital, penerapan teknologi, informasi, dan komunikasi yang telah berkembang untuk di dunia kerja telah memberikan pengaruh ke siapapun yang dapat membangun sebuah bisnis. Di Indonesia, bisnis di dunia kerja seperti startup beberapa tahun yang lalu telah melahirkan para pengusaha-pengusaha muda yang menciptakan bisnis startup dengan inovasi dan kreatifitas yang tidak ada batas.


Di Indonesia, pada tahun 2016 Kementerian Komunikasi dan Informatika telah meluncurkan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. Gerakan tersebut memiliki fokus pada pergerakan ekosistem digital bangsa dalam enam sektor yaitu, pertanian, kelautan, kesehatan, pendidikan, pariwisata, dan logistik. 1000 Startup Digital adalah program pembinaan bagi individu yang ingin menciptakan solusi teknologi untuk berbagai permasalahan di Indonesia melalui membangun startup digital.


Perkembangan berbagai sektor startup di Indonesia telah menciptakanSelain sektor yang bergerak di bidang teknologi seperti, fintech, e-commerce, e-learning, dan sebagainya, beberapa perusahaan global juga melirik startup sektor kopi di Indonesia. Startup di sektor kopi merupakan bagian dari bidang food and beverage.

Dilansir dari kumparan.com, di tengah kondisi krisis pandemi, sebuah startup sektor kopi di Indonesia seperti Kopi Kenangan sukses mendapatkan investasi dari rapper asal Amerika Serikat Jay-Z melalui perusahaannya di Roc Nation Company. Tidak hanya Jay-Z, perusahaan yang didirikan sejak tahun 2017 itu telah mendapatkan suntikan dana dari salah satu pendiri Facebook, Eduardo Saverin lewat perusahaan investasinya, B Capital dan Serena Williams melalui Serena Ventures, serta pemain basket NBA Caris LeVert.


Kopi Kenangan yang sudah memiliki 324 gerai dari berbagai kota di seluruh Indonesia itu telah mempekerjakan 3 ribu tenaga kerja. Kopi Kenangan ingin menambah gerai 500 dan melakukan ekspansi regional ke beberapa negara di kawasan Asia Tenggara.


Selain Kopi Kenangan, ada empat startup kopi di Indonesia, yaitu Coffindo yang didirikan oleh pengusaha asal Medan, Kopibara.id kopi yang memiliki rasa khas yang unik asal Nusa Tenggara Timur (NTT), Otten Coffe, dan Kopitani.id yang membantu kesejahteraan petani kopi di Indonesia. Teman Inklusi bisa membaca Kopi dari teman-teman Disabilitas di artikel #UMKMInklusi (RYR)

Sumber:

1. https://id.wikipedia.org/wiki/Perusahaan_rintisan

2. https://cohive.space/blogs/apa-itu-startup-apa-bedanya-dengan-online-shop-bisnis-online-cohive/

3. https://1000startupdigital.id/

4. https://id.techinasia.com/tren-startup-kopi-berbasis-aplikasi

5. https://kumparan.com/kumparantech/rahasia-sukses-startup-kopi-kenangan-sampai-dapat-investasi-dari-jay-z-1tkxsicpf4r/full

6. https://www.mldspot.com/food/4-startup-kopi-asal-indonesia