Mengenal Tujuh Ragam Kelompok Rentan



Setelah dijelaskan tentang pengertian kelompok rentan, Teman Inklusi sudah paham belum tentang ragam kelompok rentan? Siapa saja yang termasuk dalam ragam kelompok rentan? Di tengah kondisi pandemi, ragam kelompok rentan jauh lebih kompleks dari yang dijelaskan dalam Undang-Undang Republik Indonesia. Yuk kita cari tahu tentang penjelasan dari ragam kelompok rentan.

1. Kelompok Usia Lanjut

Orang dengan kelompok usia lanjut cenderung mengalami kerentanan, hal ini karena usia orang tersebut sudah semakin tua sehingga mengalami berbagai kondisi pada kesehatan jasmani dan rohani. Orang dengan kelompok usia lanjut perlu mendapatkan perhatian dalam pelayanan kesehatan dan perawatan agar dapat menikmati hidup di usia yang sudah tua.


2. Kelompok Usia Muda

Kelompok usia muda adalah kelompok remaja dan dewasa yang masih memiliki usia yang muda. Kelompok usia muda juga termasuk dalam kelompok rentan. Hal ini karena orang dengan usia tua menganggap kelompok usia muda belum memiliki pengalaman yang banyak dan tidak mampu menjadi lebih baik dari kelompok dengan usia yang tua. Karena itu kelompok dengan usia muda mengalami diskriminasi umur yaitu Ageism.

3. Kelompok dengan Disabilitas

Kelompok dengan Disabilitas termasuk ke dalam kelompok rentan. Hal ini karena adanya diskriminasi yang sering terjadi pada Disabilitas oleh Nondisabilitas (Ableism). Menurut Undang-Undang no.8 tahun 2016 tentang Disabilitas, kelompok Disabilitas memliki empat ragam yaitu Disabilitas Sensorik, Disabilitas Fisik, Disabilitas Mental, dan Disabilitas Intelektual. Untuk mendapatkan kesempatan yang sama dalam kesejahteraan hidup, pendidikan, dan pekerjaan, kelompok Disabilitas sudah dilindungi oleh UU No.8 tahun 2016.


4. Kelompok Orientasi seksual, Identitas gender, dan Perempuan

Dilansir dari artikel yayasanpulih.org dalam Webinar “Diskusi Media: Dampak Covid-19 dan Pemberitaan Media terhadap Transgender”, selama pandemi Covid-19, kelompok orientasi seksual cenderung mengalami rentan. Hal ini terjadi karena stigma negatif dan diskriminasi yang terjadi pada masyarakat terhadap kelompok orientasi seksual dan identitas gender masih ada, sehingga mereka tidak dapat menikmati layanan kesehatan, pekerjaan, dan tempat tinggal. Tidak hanya Orientasi seksual dan Identitas gender, kelompok perempuan sering mengalami diskriminasi, seperti perempuan tidak diperbolehkan untuk bekerja, sehingga perempuan tidak mendapatkan hak untuk bekerja.


5. Kelompok Masyarakat Hukum Adat

Menurut UU No 1 Tahun 2014, masyarakat hukum adat adalah sekelompok orang yang secara turun-temurun bermukim di wilayah geografis tertentu di Negara Kesatuan Republik Indonesia karena adanya ikatan pada asal usul leluhur, hubungan yang kuat dengan tanah, wilayah, sumber daya alam, memiliki kebijakan pemerintahan adat, dan tatanan hukum adatnya sesuai dengan peranturan perundang-undangan. Kelompok masyarakat hukum adat juga menjadi bagian dari kelompok rentan, hal ini karena masih terjadi diskriminasi terhadap kelompok masyarakat adat(relasi kuasa), seperti adanya pengambilan tanah milik kelompok adat yang dijual secara paksa, namun tanah milik tersebut tidak untuk dijual.



6. Kelompok Masyarakat Miskin

Kelompok masyarakat miskin atau kelompok masyarakat yang kurang mampu dengan ekonomi rendah merupakan salah satu bagian dari kelompok rentan. Kelompok masyarakat miskin cenderung mengalami diskriminasi dengan masyarakat yang ekonominya tinggi atau kaya. Diskriminasi tersebut mendapatkan perlakuan yang berbeda oleh masyarakat disebutkan dengan diskriminasi kelas atau Classism.


7. Narapidana/tahanan anak

Narapidana atau tahanan anak merupakan kelompok rentan yang berada di lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan negara (rutan). Dirjen Pemasyarakatan kemenkum HAM berupaya membangun sinergi dalam meningkatkan akses pelayanan dan perawatan kesehatan jasmani dan rohani untuk kelompok rentan di lingkungan tahanan.


Sumber:

http://www.ditjenpas.go.id/ditjen-pas-janjikan-peningkatan-kualitas-hidup-kelompok-rentan

https://en.wikipedia.org/wiki/Class_discrimination

http://yayasanpulih.org/2020/05/kelompok-rentan-di-tengah-pandemi-odkm-disabilitas-dan-minoritas-seksual/

https://kkp.go.id/djprl/p4k/page/2987-masyarakat-hukum-adat



KONTAK KAMI

KLOBILITY

Gedung Alamanda, Lantai 23 
Jalan TB. Simatupang, 
kav 23-24 - Jakarta 12430  Indonesia

T: +6221 - 29661919 

F: +6221 - 29661917

EMAIL

  • Twitter Social Icon
  • Facebook Social Icon
  • LinkedIn Social Icon
  • Instagram Social Icon
  • YouTube Social  Icon