Mengenal Tujuh Ragam Kelompok Rentan



Setelah dijelaskan tentang pengertian kelompok rentan, Teman Inklusi sudah paham belum tentang ragam kelompok rentan? Siapa saja yang termasuk dalam ragam kelompok rentan? Di tengah kondisi pandemi, ragam kelompok rentan jauh lebih kompleks dari yang dijelaskan dalam Undang-Undang Republik Indonesia. Yuk kita cari tahu tentang penjelasan dari ragam kelompok rentan.

1. Kelompok Usia Lanjut

Orang dengan kelompok usia lanjut cenderung mengalami kerentanan, hal ini karena usia orang tersebut sudah semakin tua sehingga mengalami berbagai kondisi pada kesehatan jasmani dan rohani. Orang dengan kelompok usia lanjut perlu mendapatkan perhatian dalam pelayanan kesehatan dan perawatan agar dapat menikmati hidup di usia yang sudah tua.


2. Kelompok Usia Muda

Kelompok usia muda adalah kelompok remaja dan dewasa yang masih memiliki usia yang muda. Kelompok usia muda juga termasuk dalam kelompok rentan. Hal ini karena orang dengan usia tua menganggap kelompok usia muda belum memiliki pengalaman yang banyak dan tidak mampu menjadi lebih baik dari kelompok dengan usia yang tua. Karena itu kelompok dengan usia muda mengalami diskriminasi umur yaitu Ageism.

3. Kelompok dengan Disabilitas

Kelompok dengan Disabilitas termasuk ke dalam kelompok rentan. Hal ini karena adanya diskriminasi yang sering terjadi pada Disabilitas oleh Nondisabilitas (Ableism). Menurut Undang-Undang no.8 tahun 2016 tentang Disabilitas, kelompok Disabilitas memliki empat ragam yaitu Disabilitas Sensorik, Disabilitas Fisik, Disabilitas Mental, dan Disabilitas Intelektual. Untuk mendapatkan kesempatan yang sama dalam kesejahteraan hidup, pendidikan, dan pekerjaan, kelompok Disabilitas sudah dilindungi oleh UU No.8 tahun 2016.