Mengenal UMKM Inklusi: KUKEBI Usaha Disabilitas Kursi Roda Asal Garut

UMKM Inklusi minggu ini, Klobility berbincang dengan Ibu Yesi Endah Sundasari, seorang perempuan Disabilitas kursi roda asal kabupaten Garut, yang saat ini sedang merintis usaha di bidang kuliner. Seperti apa perjuangan Ibu Yessi sebagai Disabilitas dalam mengembangkan usahanya hingga bermimpi untuk merangkul teman-teman Disabilitas melalui Kukebi dan mengajak perusahaan/organisasi yang belum mempekerjakan Disabilitas, agar segera mempekerjakan Disabilitas sesuai dengan kebijakan UU No.8 tahun 2016? Yuk simak percakapan wawancara Ibu Yesi dengan Tim Klobility.



Apa kabar Ibu Yessi, sebagai pemilik usaha kuliner Kukebi, boleh ceritakan tentang diri Ibu? Nama Saya Yesi Endah Sundasari asal dari Kabupaten Garut Jawa Barat. Saya seorang Disabilitas Daksa (Paraflegi) Pengguna Kursi Roda. Saya menjadi Disabilitas sejak tanggal 30 November 2020. Berawal jatuh dari pohon mangga.


Apa itu usaha Kukebi ya Ibu?

Kukebi itu merek dagang Saya, singkatan dari Kue Kenging Abi, yang berasal dari bahasa Sunda artinya Kue Buatan Saya. Kukebi memproduksi dan memasarkan makanan ringan dengan beberapa jenis produk. Yaitu, telur gabus keju, makaroni goreng, sama bawang goreng ngekes.



Sudah berapa lama Ibu menjalankan usaha Kukebi? Kalau legalitas produknya tahun 2019, tapi sudah memulai usahanya dari akhir 2017.