Mengenali diri dan perencanaan karir

Setelah lulus menyelesaikan pendidikan dengan hasil yang baik seperti pendidikan S1, S2, S3 maupun pendidikan SMA, kita pasti bingung mau melanjutkan kemana? Kemanakah rencana dan karir kita setelah menyelesaikan pendidikan dengan hasil yang cukup memuaskan? Ada yang mulai mencari pekerjaan, ada yang mulai membuka usaha sendiri, ada yang ingin mencari pengalaman hingga ada yang mulai merantau ke negeri orang.


Nah bagaimana kita ingin mencari pekerjaan? Untuk mencari pekerjaan maupun pengalaman yang baik, teman-teman harus mulai mengenali diri. Kenapa kita harus mengenali diri. Mengenali diri sangat penting karena kita harus mengetahui tentang siapa diri kita sebenarnya, kemudian bagaimana kepribadian diri kita sebenarnya, seperti apa kemampuan diri kita sekarang ini.


Definisi mengenali diri adalah individu yang memiliki tentang karakteristik diri, kepribadian diri, kemampuan diri, dan motivasi diri. Tujuan mengenali diri adalah untuk mengetahui dan memahami dirinya agar mampu meningkatkan kemampuannya yang beragam serta membangun percaya diri dalam menjalani kehidupan.


Selain mengenali diri, ada juga yang istilah yang harus kita ketahui namanya Karir. Karir merupakan istilah yang berasal dari bahasa Belanda yaitu Carrière yang artinya perkembangan, kemajuan pekerjaan seseorang.


Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), karir adalah perkembangan dan kemajuan dalam kehidupan, pekerjaan, jabatan dan sebagainya.


Jadi karir merupakan suatu perilaku perkembangan indvidu yang memiliki pengalaman dalam kehidupan seperti pengalaman pendidikan, pengalaman pekerjaan, pengalaman jabatan, organisasi, dan lain-lain.


Lalu, bagaimana hubungan mengenali diri dengan perencanaan karir? Dengan mengenal diri untuk perencanaan karir, mampu membentuk kepribadian individu dalam meningkatkan keterampilan, perkembangan, dan karakteristik yang dimiliki oleh invidu tersebut.



Yuk ikuti sesi Webinar Inklusi “Kenali Diri untuk Gapai Mimpi”, bersama Bunga Indira Artha salah satu Psikolog Industri dan Organisasi dan Human Capital Development Dayalima Abisatya. Klik link untuk melakukan proses pendaftaran bit.ly/klobility-webinar (RYR)


KONTAK KAMI

KLOBILITY

Gedung Alamanda, Lantai 23 
Jalan TB. Simatupang, 
kav 23-24 - Jakarta 12430  Indonesia

T: +6221 - 29661919 

F: +6221 - 29661917

EMAIL

  • Twitter Social Icon
  • Facebook Social Icon
  • LinkedIn Social Icon
  • Instagram Social Icon
  • YouTube Social  Icon