Nobar Film Inklusi Sejauh Ku Melangkah



Rabu, 20 Januari 2021 – Dalam rangka New Year Gathering, sebuah platform aksi sosial yang mengajak perubahan positif untuk membawa dampak yang lebih besar. Campaign.com berkolaborasi dengan Good Picth made by Doc Society dan Klobility mengajak masyarakat Indonesia nonton bareng film inklusi Sejauh Ku Melangkah. Harapannya adalah agar meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terkait Disabilitas. Rendahnya pemahaman masyarakat terhadap isu Disabilitas merupakan salah satu faktor yang menyebabkan belum terbukanya pandangan masyarakat terhadap para penyandang Disabilitas.

Tidak seperti biasanya, dimana Campaign.com menyelenggarakan festival secara offline. Kini mereka menyelenggarakannya secara virtual. Acara yang menyediakan aksesibilitas untuk Disabilitas Netra dan Teman Tuli dilakukan melalui platform Zoom. Acara tersebut melibatkan peserta Disabilitas dan Nondisabilitas yang berjumlah lebih dari 100 peserta.

Selain menonton film bareng, para peserta di ajak diskusi dan mendengar pengalaman bersama Sutradara film Sejauh Ku Melangkah, Uci Agustin, 2 aktor Disabilitas Netra Andrea dan Syalsabila, Teman Netra Taufik Zulfikri, Changemakers dan Organizer sosial lainnya.

Sebelum dimulai sesi nonton bareng film inklusi Sejauh Ku Melangkah, CEO Campaign.com, William membagikan pengalamannya dalam membangun organisasi yang sudah berpengalaman sejak tahun 2015. “Awalnya Campaign merupakan event organizer yang sering bikin festival offline, dikarenakan kondisi pandemi, acara offline menjadi sulit akhirnya kita buat aplikasi social tracker”, ujar William.

Setelah pemaparan dari William, CEO Campaign.com, para peserta di ajak untuk mengisi angket dan mendownload aplikasi campaign for change untuk menyelesaikan beberapa aksi dari “SOS Childen’s Villages Indonesia” dan program Klobility “Wujudkan Ramah Disabilitas”. Kemudian peserta diajak memperkenalkan diri melalui sesi breakout room sebelum nobar di mulai.

Perwakilan dari Klobility, Pandu Wicaksono juga membagikan pengalaman dirinya setelah menonton film Sejauh Ku Melangkah dan memperkenalkan tentang Klobility ke peserta. Menurut Pandu, “filmnya keren banget dan menggambarkan situasi yang gak kebayang. Di Indonesia pendidikan inklusi semakin berkembang, namun belum cukup menerima Disabilitas dan belum semua guru pendamping menguasai akses yang dibutuhkan. Film ini harusnya rilis di seluruh bioskop Indonesia. Klobility sebagai organisasi yang ingin mewujudkan Indonesia Inklusi ingin membantu organisasi atau perusahaan yang akan menerima Para Penyandang Disabilitas”. (RYR/NNK)