Nussa Bisa: Representasi Anak dengan Disabilitas

Pada Piala Citra FFI 2019, pemenang kategori Film Animasi Pendek Terbaik adalah Nussa Bisa. Nussa Bisa adalah episode dari animasi Nussa dan Rara, yang bercerita tentang keseharian Nussa, Rara, dan ibunya Umma.

Nussa dan Rara adalah serial animasi Indonesia yang diproduksi oleh studio animasi The Little Giantz dan 4Stripe Productions. Animasi ini bercerita tentang kehidupan sehari-hari Nussa, seorang anak dengan disabilitas, dan adiknya yang bernama Rara. Nussa terlahir tanpa kaki sehingga menggunakan kaki palsu (prostetik) di kaki sebelah kiri. CEO The Little Giantz, Aditya Triantoro, memiliki alasan khusus mengapa Nussa digambarkan sebagai disabilitas. Ia beranggapan bahwa belum ada karakter anak dengan disabilitas. Tujuannya menciptakan Nussa sebagai disabilitas adalah untuk menunjukkan bahwa disabilitas juga bisa.


Nussa Bisa bercerita tentang kisah Nussa sebagai disabilitas. Umma, ibunya, selalu melindungi Nussa dengan melarang Nussa bermain bola dengan teman-temannya. Namun, dalam episode Nussa Bisa, ditunjukkan bahwa Umma akhirnya bisa mempercayai Nussa untuk mandiri. Episode lengkap Nussa Bisa dan episode lainnya bisa ditonton di YouTube Nussa Official. (SKS)




KONTAK KAMI

KLOBILITY

Gedung Alamanda, Lantai 23 
Jalan TB. Simatupang, 
kav 23-24 - Jakarta 12430  Indonesia

T: +6221 - 29661919 

F: +6221 - 29661917

EMAIL

  • Twitter Social Icon
  • Facebook Social Icon
  • LinkedIn Social Icon
  • Instagram Social Icon
  • YouTube Social  Icon