Muhammad Andika Panji, Pemain Timnas Sepak Bola dan Futsal Tuli Indonesia

(Dis)Abilitas tidak menjadi penghalang untuk berprestasi dan mengejar mimpi. Itulah yang saat ini diperjuangkan Muhammad Andika Panji. Ia adalah seorang mahasiswa Tuli/disabilitas rungu yang saat ini sedang menempuh studi hukum. Panji juga tergabung dalam Tim Nasional Sepak Bola dan Futsal Tuli Indonesia.

Hai, Panji! Beberapa Teman Inklusi mungkin masih asing dengan nama kamu. Boleh ceritakan tentang diri kamu?

Nama saya Muhammad Andika Panji, asal Jakarta. Berstatus mahasiswa Tuli Total fakultas Hukum semester 6 dan Founder Deaf-HoH Law & Advocacy Center yang sebentar lagi akan didirikan.


Apa yang membuat Panji bergabung Timnas Sepak Bola dan Futsal Tuli Indonesia?

Saya bermain untuk Timnas Sepak Bola dan Futsal Tuli Indonesia karena bola itu adalah sahabat saya. Untuk semua orang yang menyukai olah raga bola, bola bisa membuat Anda menikmati kehidupan yang positif, terus menambah pertemanan baru. Lebih hebat lagi, jadikan bola sebagai bagian dari diri sehingga Anda bisa mengontrol arahnya.

Saya masuk Timnas Sepak Bola dan Futsal Tuli Indonesia untuk membuktikan bahwa kita mampu meraih prestasi di setiap turnamen mancanegara. Saya ingin menunjukkan kepada semua orang Indonesia, termasuk pemerintah (PSSI & Kemenpora), masyarakat Kaum Tuli, keluarga, dan ingin mengajak generasi muda Tuli Indonesia terus berkembang dalam olahraga sepak bola dan futsal.


Kenapa Panji memilih olahraga sepak bola?