Pengaruh Komunikasi Efektif Antara Orang Tua Dengan Anak



Pentingnya komunikasi efektif antara orang tua terhadap anak di lingkungan keluarga merupakan salah satu pondasi utama dalam membangun sebuah hubungan keluarga yang harmonis. Bentuk interaksi yang dilakukan bisa bermacam-macam caranya, contohnya memberikan pesan, nasehat, informasi, dan pertukaran gagasan/ide yang disampaikan sehingga bisa diterima dan dipahami dengan baik di lingkungan keluarga. Dalam menciptakan komunikasi yang efektif terhadap anak, orang tua harus mengetahui dan mengenali kepribadian diri anak agar mampu melakukan interaksi yang baik secara mandiri. Setiap orang tua memiliki bentuk dan cara komunikasi yang berbeda-beda terhadap anak di lingkungannya termasuk anak dengan keberagaman disabilitas maupun anak nondisabilitas. Komunikasi efektif antara orang tua dengan anak juga memberi pengaruh yang positif loh Teman Inklusi. Apa saja pengaruh komunikasi efektif antara orang tua dengan anak?


1. Menumbuhkan sikap percaya diri

Komunikasi yang efektif orang tua memberikan pengaruh yang positif dalam menumbuhkan sikap percaya diri pada anak, sehingga anak tidak perlu merasa minder karena sesuatu atau kurang percaya diri terhadap informasi yang disampaikan oleh orang tua. Sikap percaya diri mampu membangun kepribadian anak yang baik sehingga nyaman dalam berinteraksi dengan orang tua dan lingkungannya. Hal ini karena anak sudah terbiasa berinteraksi dengan orang tua.

2. Menciptakan karakter dan pola pikir yang positif

Ketika orang tua sudah mengetahui kepribadian anaknya sejak lahir, kemudian orang tua merangkul dan mengajak anaknya untuk berinteraksi dengan baik maka secara langsung orang tua mampu menciptakan karakteristik anak dengan pola pikir yang positif. Hal ini karena anak selalu mengikuti dan mengingatkan apa yang sudah disampaikan atau diajarkan oleh orang tuanya dengan baik dalam berinteraksi.

3. Membangun mental yang positif

Hal yang mempengaruhi ketika berkomunikasi yang efektif antara orang tua terhadap anak adalah membangun mental yang positif. Hal ini karena bentuk komunikasi orang tua yang baik terhadap anak akan berdampak dalam membentuk mental kepribadian anak yang kuat sehingga anak tidak perlu merasa takut dalam mengatasi atau menyelesaikan berbagai permasalahan dan tantangan yang dihadapinya.

4. Menghargai perbedaan pendapat

Adanya berbagai perbedaan pendapat antara orang tua dengan anak ketika berinteraksi merupakan sesuatu yang wajar dalam berkomunikasi, sehingga anak akan belajar dari orang tua tentang bagaimana menerima dan menghargai berbagai perbedaaan pendapat yang baik. Pengaruh positif dalam menghargai perbedaan pendapat akan menumbuhkan sikap toleransi dan sikap yang inklusif bagi anak di lingkungan sekitarnya

5. Terbiasa bersikap jujur

Ketika orang tua mendidik dan mengajarkan anaknya untuk membiasakan diri bersikap jujur, baik jujur dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan, maka akan memberikan pengaruh yang positif yang dirasakan oleh anak yang terbiasa bersikap jujur secara mandiri ketika berada di lingkungan sekitarnya. Sehingga anak yang sudah melakukan kebiasaan bersikap jujur langsung diterima dengan baik, dihargai, dan dihormati lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, dan organisasi.

KONTAK KAMI

KLOBILITY

Gedung Alamanda, Lantai 23 
Jalan TB. Simatupang, 
kav 23-24 - Jakarta 12430  Indonesia

T: +6221 - 29661919 

F: +6221 - 29661917

EMAIL

  • Twitter Social Icon
  • Facebook Social Icon
  • LinkedIn Social Icon
  • Instagram Social Icon
  • YouTube Social  Icon