Pentingnya Kesehatan Mental



Tahukah Teman Inklusi?

Tidak hanya fisik, kesehatan mental sangat penting diperhatikan oleh setiap masyarakat di planet baru agar mampu beradaptasi dengan lingkungannya demi keberlangsungan hidup (sustainability) yang lebih baik. Mengapa kesehatan mental itu penting?

Sejak Maret 2020, badan kesehatan dunia (Wolrd Health Organization/WHO) mengajak masyarakat di planet baru (new normal) agar selalu menjaga kesehatan dengan mengikuti kebijakan-kebijakan dari pemerintah daerah yang terdampak pandemi termasuk menjaga kesehatan mental di tengah kondisi ekonomi dan kesehatan yang krisis. Tujuan menjaga kesehatan mental adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau sistem imun tubuh dari keluhan fisik yang disebabkan oleh kondisi stress, rasa cemas berlebihan, kekhawatiran dengan penyebaran Covid-19 sehingga tidak mudah terkena gejala covid-19. Kondisi kesehatan mental yang sehat dan positif akan memberikan pengaruh pada seseorang tersebut agar tetap meningkatkan produktivitas dalam bekerja.

Kesehatan mental merupakan suatu kondisi kesehatan seseorang yang terbebas dari gejala-gejala yang menganggu terhadap kesehatan jiwa dan batin dalam kehidupan sehari-hari. Gangguan pada kesehatan mental merupakan kondisi yang menganggu suasana hati individu, perilaku, pemikiran, dan cara berinteraksi dengan orang lain. Gangguan pada kesehatan mental bisa disebabkan oleh berbagai faktor dalam kehidupan sehari hari. Faktor teknologi, informasi, dan komunikasi seperti penggunaan sosial media yang berlebihan sehingga membandingkan diri seseorang dengan orang lain, faktor lingkungan dalam kehidupan seperti pelecehan seksual, kekerasan dalam rumah tangga, bully, tawuran antar pelajar, diskriminasi kemudian faktor dampak dari bencana alam dan dampak dari bencana non alam yang terjadi pada saat ini seperti pandemi Covid-19.

Menjaga kesehatan mental bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut yaitu:


1. Pola makan yang sehat

Mengatur pola makan yang sehat dengan asupan gizi yang seimbang akan memberikan pengaruh pada tubuh yang sehat sehingga dapat menjaga kesehatan mental secara langsung dan tidak langsung.

2. Olahraga ringan

Olahraga ringan seperti meditasi, yoga, joging, latihan pernafasan dalam dan peregangan mampu meredakan stress karena hormon endorfin yang dirasakan sehingga membentuk mental individu yang positif dan sehat.

3. Istirahat yang cukup