Pentingnya Literasi Finansial

Tahukah teman inklusi apa itu “Literasi Finansial”? Banyak definisi yang menjelaskan tentang istilah literasi finansial, sebenarnya apa itu literasi finansial?


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), literasi artinya kemampuan menulis dan membaca. Finansial artinya mengenai (urusan) keuangan. Secara keseluruhan, literasi finansial (keuangan) adalah suatu individu atau seseorang yang memiliki kemampuan dalam mengelola, menginvestasi dan mengatur keuangan secara bijak dan sesuai kebutuhan demi keberlangsungan dan kesejahteraan hidupnya. Literasi finansial merupakan salah satu kunci ekonomi untuk menyambut kehidupan baru di era New Planet agar dapat bertahan hidup. Setiap individu atau seseorang yang sudah mendapatkan penghasilan dari pekerjaannya harus mampu mengetahui tentang literasi finansial.


Menurut otoritas jasa keuangan (OJK), literasi keuangan adalah pengetahuan, keterampilan, dan keyakinan yang mempengaruhi sikap dan perilaku untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan dan pengelolaan keuangan dalam rangka mencapai kesejahteraan.

Ada 4 jenis tingkat literasi keuangan penduduk Indonesia versi OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

  1. Well literate adalah individu yang memiliki pengetahuan dan keyakinan tentang lembaga jasa keuangan serta produk jasa keuangan, termasuk fitur, manfaat dan risiko, hak dan kewajiban terkait produk dan jasa keuangan, serta memiliki keterampilan dalam menggunakan produk dan jasa keuangan.

  2. Sufficient literate adalah individu yang memiliki pengetahuan dan keyakinan tentang lembaga jasa keuangan serta produk dan jasa keuangan, termasuk fitur, manfaat dan risiko, hak dan kewajiban terkait produk dan jasa keuangan.

  3. Less literate adalah individu yang memiliki pengetahuan dan keyakinan tentang lembaga jasa keuangan, produk dan jasa keuangan.

  4. Not literate adalah individu yang tidak memiliki pengetahuan dan keyakinan terhadap lembaga jasa keuangan serta produk dan jasa keuangan, serta tidak memiliki keterampilan dalam menggunakan produk dan jasa keuangan.

Agar teman inklusi mampu mengatur keuangan yang baik di era New Planet, ayo daftarkan diri kamu dalam sesi Webinar Inklusi: “Mengatur Keuangan Ala Anak Rantau” bersama Emiralda Noviarti, seorang Financial Trainer, dan sharing bersama Ridho Yulio Rahmadino, seorang Teman Tuli perantau dan Content Creator and Researcher Klobility dengan klik link pendaftaran ini bit.ly/klobility-webinar. Acara ini terbuka untuk umum, gratis, dan aksesibel (ada JBI dan typist).


Di Era New Planet, literasi finansial sangat penting bagi seseorang dalam membuat keputusan dan mengelola keuangan. Individu harus mampu menemukan solusi yang tepat bagaimana cara agar kondisi keuangan dan perekonomian bisa bertahan selama di era New Planet melalui literasi finansial. Seperti mengetahui harga kebutuhan hidup di pasaran, menghemat biaya yang tidak diperlukan, menabung (investasi), mencari penghasilan tambahan dengan jualan online, mengetahui dan membandingkan kebutuhan pokok yang diinginkan, mengurangi pemborosan dalam anggaran pendapatan dan pengeluaran pribadi.

Kenapa individu harus memiliki skill literasi finansial?

  1. Agar mampu mengetahui lembaga jasa keuangan, beserta produk, dan jasa keuangannya

  2. Dengan memiliki skill literasi finansial, individu akan mampu menyusun laporan keuangan dari pemasukan dan pengeluaran secara efektif dan efisien

  3. Membantu dalam membuat keputusan yang baik tentang cara menginvestasikan uangnya

  4. Agar mengetahui dan memahami harga kebutuhan pokok di pasar, harga nilai mata uang, harga emas, harga minyak dll

  5. Agar mampu merencanakan anggaran pendapatan dan belanja pribadi secara optimal

  6. Dengan memiliki skill literasi finansial akan mampu bertahan hidup (survival) di tengah kondisi perekonomian yang tiba-tiba melemah

(RYR)


Sumber:

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/literasi

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/finansial

https://www.ojk.go.id/id/kanal/edukasi-dan-perlindungan-konsumen/Pages/Literasi-Keuangan.aspx

https://www.simulasikredit.com/apa-itu-literasi-keuangan/

https://www.literasipublik.com/pengertian-literasi-keuangan-dan-manfaatnya

KONTAK KAMI

KLOBILITY

Gedung Alamanda, Lantai 23 
Jalan TB. Simatupang, 
kav 23-24 - Jakarta 12430  Indonesia

T: +6221 - 29661919 

F: +6221 - 29661917

EMAIL

  • Twitter Social Icon
  • Facebook Social Icon
  • LinkedIn Social Icon
  • Instagram Social Icon
  • YouTube Social  Icon