Pentingnya Literasi Finansial

Tahukah teman inklusi apa itu “Literasi Finansial”? Banyak definisi yang menjelaskan tentang istilah literasi finansial, sebenarnya apa itu literasi finansial?


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), literasi artinya kemampuan menulis dan membaca. Finansial artinya mengenai (urusan) keuangan. Secara keseluruhan, literasi finansial (keuangan) adalah suatu individu atau seseorang yang memiliki kemampuan dalam mengelola, menginvestasi dan mengatur keuangan secara bijak dan sesuai kebutuhan demi keberlangsungan dan kesejahteraan hidupnya. Literasi finansial merupakan salah satu kunci ekonomi untuk menyambut kehidupan baru di era New Planet agar dapat bertahan hidup. Setiap individu atau seseorang yang sudah mendapatkan penghasilan dari pekerjaannya harus mampu mengetahui tentang literasi finansial.


Menurut otoritas jasa keuangan (OJK), literasi keuangan adalah pengetahuan, keterampilan, dan keyakinan yang mempengaruhi sikap dan perilaku untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan dan pengelolaan keuangan dalam rangka mencapai kesejahteraan.

Ada 4 jenis tingkat literasi keuangan penduduk Indonesia versi OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

  1. Well literate adalah individu yang memiliki pengetahuan dan keyakinan tentang lembaga jasa keuangan serta produk jasa keuangan, termasuk fitur, manfaat dan risiko, hak dan kewajiban terkait produk dan jasa keuangan, serta memiliki keterampilan dalam menggunakan produk dan jasa keuangan.

  2. Sufficient literate adalah individu yang memiliki pengetahuan dan keyakinan tentang lembaga jasa keuangan serta produk dan jasa keuangan, termasuk fitur, manfaat dan risiko, hak dan kewajiban terkait produk dan jasa keuangan.

  3. Less literate adalah individu yang memiliki pengetahuan dan keyakinan tentang lembaga jasa keuangan, produk dan jasa keuangan.

  4. Not literate adalah individu yang tidak memiliki pengetahuan dan keyakinan terh