Peringatan Hari Kebangkitan Perempuan 22 Desember


Tahukah Teman Inklusi? Setiap tanggal 22 Desember diperingati sebagai Hari Kebangkitan Perempuan yang biasa disebut dengan Hari Ibu. Hari Kebangkitan Perempuan diperingati pertama kalinya sejak tahun 1928 bertepatan dengan kongres atau pertemuan Para Perempuan Indonesia dari berbagai organisasi dan keberagaman perempuan seperti perempuan semua rentang usia, perempuan rentan, perempuan Disabilitas, perempuan berbagai profesi, dan perempuan yang sudah berkeluarga maupun perempuan yang belum berkeluarga.

Hari Kebangkitan Perempuan atau Hari Ibu diperingati untuk mengenang para pemimpin perempuan Indoensia dalam memperjuangkan kemerdekaan dan menghargai terhadap perjuangan perempuan Indonesia dari waktu ke waktu. Tidak hanya itu, para pemimpin perempuan harus berani bersuara dalam menghadapi berbagai permasalahan yang terjadi pada perempuan, memikirkan kebijakan tentang perempuan, dan melakukan upaya untuk meningkatkan kesetaraan perempuan dan anak-anak perempuan di bidang pendidikan, pekerjaan, dan kesempatan yang sama.

Dilansir dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, tahun ini tema Hari Kebangkitan Perempuan atau Hari Ibu yang ke-92 mengusungkan tema “Perempuan Berdaya Indonesia Maju”. Tema tersebut memiliki 4 Sub Tema yang mendukung. Tema utamanya yaitu Sub Tema 1 “Perjuangan Perempuan Masa Kemerdekaan”, Sub Tema 2 “Perjuangan Perempuan Masa Kini”, Sub Tema 3 “Perjuangan Perempuan di Era Tatanan Baru”, dan Sub Tema 4 “Kemitraan Perempuan dan laki-laki untuk 5 Prioritas Kemen PPPA”.

I Gusti Ayu Bintang Darmawati sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, mengharapkan agar para perempuan di seluruh Indonesia dapat menyadari betapa pentingnya harga diri perempuan. Tidak hanya itu, beliau mengingatkan untuk tidak pernah berhenti dalam merawat perjuangan para perempuan Indonesia di masa lalu.

Hari Kebangkitan Perempuan atau Hari Ibu yang diperingati setiap tanggal 22 Desember telah diresmikan oleh pemerintah melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari-Hari Nasional yang Bukan Hari Libur. Selamat Hari Ibu untuk semua perempuan Indonesia. (RYR)


Sumber: https://kemenpppa.go.id/index.php/page/read/84/2989/panduan-pelaksanaan-peringatan-hari-ibu-ke-92-tahun-2020