Perkembangan Era Digital


Menurut Angela Merkel, revolusi industri 4.0 terjadi karena adanya transformasi dari segala aspek produksi industri melalui penggabungan teknologi digital dan internet dengan industri konvensional. Di era revolusi industri 4.0 perkembangan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, informasi, dan komunikasi, masyarakat di planet baru (new normal) tidak pernah lepas dari perangkat elektronik seperti komputer, laptop, gadget, televisi, radio, dan sebagainya. Perkembangan tersebut juga memberi banyak manfaat dalam berbagai aspek kehidupan seperti perkembangan era digital. Namun, tahukah Teman Inklusi apa itu perkembangan era digital?

Istilah era digital adalah suatu kondisi aktivitas masyarakat dalam kehidupan yang telah dipermudahkan dengan adanya teknologi. Perkembangan era digital adalah suatu perkembangan yang terjadi pada masyarakat di kehidupan baru (new planet) dengan adanya jaringan internet, perangkat digital, aplikasi atau platform digital, media sosial, sehingga memudahkan segala aktivitas dan pekerjaan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebelum adanya perkembangan di era digital, masyarakat sudah melakukan otomasi mesin di sektor manufaktur, Big Data, hingga kecerdasan buatan yang dikenal dengan artifical intelligence (AI). Misalnya sebuah perusahaan Amerika Serikat, IBM (International Business Machines) yang didirikan sejak 16 Juni 1911 itu setiap hari menciptakan 2,5 triliyun byte data. Namun, dalam dua tahun terakhir ia hanya bisa membuat 90% data di dunia. Data science dan AI telah menjelajah ke semua sektor industri. Dari kedua tersebut tercapainya transformasi digital yang melibatkan tiga aspek yaitu teknologi, data, dan manusia.

Perkembangan era digital masyarakat di planet baru telah membawa perubahan ke arah yang lebih baik, sehingga membawa banyak dampak positif yang bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. Namun, masyarakat harus mempersiapkan diri untuk menghadapi berbagai tantangan di era digital dari berbagai bidang seperti politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan, keamanan, dan teknologi. Tantangan tersebut dapat dilakukan dengan mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan unggul.

Salah satu contoh perkembangan era digital di dunia usaha yaitu banyaknya usaha e-commerce yang ada di Indonesia. E-commerce merupakan platform yang menyediakan jasa dan jual beli barang melalui aplikasi digital. Misalnya platform e-commerce, Tokopedia, Lazada, BukaLapak, Shopee, dll. Teman Inklusi bisa membaca tentang 4 platform yang bisa digunakan untuk jualan online di https://www.klobility.id/post/4-platform-untuk-mulai-berjualan-online (RYR/NNK)

Sumber:

1. https://www.liputan6.com/bisnis/read/3928604/dunia-serba-digital-ini-7-fakta-menariknya

2. https://core.ac.uk/download/pdf/87779963.pdf

3. https://id.wikipedia.org/wiki/Revolusi_Industri_4.0

4. https://qwords.com/blog/era-digital-adalah/#:~:text=Sekarang%20ini%20Anda%20sudah%20masuk,aspek%20kehidupan%20menjadi%20serba%20digital.



KONTAK KAMI

KLOBILITY

Gedung Alamanda, Lantai 23 
Jalan TB. Simatupang, 
kav 23-24 - Jakarta 12430  Indonesia

T: +6221 - 29661919 

F: +6221 - 29661917

EMAIL

  • Twitter Social Icon
  • Facebook Social Icon
  • LinkedIn Social Icon
  • Instagram Social Icon
  • YouTube Social  Icon