Perkembangan Proses Digitalisasi


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), istilah digitalisasi adalah proses pemberian atau pemakaian sistem digital. Proses digitalisasi sudah berkembang sejak adanya kemajuan penggunaan teknologi, komunikasi, dan informasi di era Revolusi Industri 4.0.

Istilah Revolusi Industri 4.0 pertama kali diperkenalkan pada acara Hannover Fair 2011 di Jerman. Berbagai perubahan yang terjadi di era Revolusi Industri 4.0 yaitu kecerdasan buatan (artificial intellience), perdagangan digital (e-commerce), data raksasa (Big Data), teknologi finansial, hingga penggunaan robot.

Proses digitalisasi dari waktu ke waktu telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Proses tersebut telah menciptakan banyak perubahan dan kemudahan. Namun, di era proses digitalisasi, berbagai inovasi berbasis teknologi terus dikembangkan sehingga dapat membantu penggunanya dalam menyelesaikan aktivitas sehari-hari.

Digitalisasi juga menawarkan peluang dan manfaat salah satunya dengan banyak memperkenalkan profesi baru yang membutuhkan kemampuan-kemampuan terkini yaitu 21st Century Skills. Contohnya, seperti kebutuhan profesi programmer yang meningkat. Dilansir dari TechinAsia, pada tahun 2022, 20 persen angkatan kerja akan didominasi oleh posisi programmer.

Pada tanggal 4 April 2018, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pernah meluncurkan Making Indonesia 4.0. Peta jalan (road map) dan strategi dalam memasuki era digital dunia. Peluncuran tersebut melibatkan berbagai pemimpin mulai dari sektor pemerintah, asosiasi industri, pelaku usaha, penyedia teknologi, lembaga riset, dan pendidikan.

Dilansir dari website kominfo.go.id, menurut Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, digitalisasi merupakan kunci Indonesia mampu memiliki daya saing dengan negara lain. Supaya Indonesia bisa memiliki daya saing dengan negara lain, maka ekonomi harus efisien dan digitalisasi adalah kuncinya.

Beberapa contoh proses digitalisasi yang terjadi pada masyarakat di planet baru, misalnya, belanja online dengan platform digital, membayar listrik dan internet dengan aplikasi mobile banking di smartphone, belajar online, rapat online dengan platform digital Video Conference. Berbagai kegiatan dan aktivitas yang biasa dilakukan secara konvensional pelan-pelan berkembang ke arah era digital. Perkembangan proses digitalisasi telah mencapai semua sektor, seperti sektor perbankan, sektor belanja, sektor transportasi, hiburan, dan lain-lain.

Pemanfaatan digitalisasi di Indonesia sudah dapat dirasakan oleh semua ragam masyakarat. Menurut penelitian Digital 2020 yang dilaksanakan oleh HootSuite dan We Are Social, Indonesia memiliki 175,4 juta pengguna internet per Januari 2020. (RYR/NNK)

Sumber:

1. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/Digitalisasi

2. https://www.kominfo.go.id/content/detail/8979/digitalisasi-adalah-kunci/0/sorotan_media

3. https://ezdigital.id/article/perkembangan-digitalisasi-di-indonesia

4. https://core.ac.uk/download/pdf/267902451.pdf

KONTAK KAMI

KLOBILITY

Gedung Alamanda, Lantai 23 
Jalan TB. Simatupang, 
kav 23-24 - Jakarta 12430  Indonesia

T: +6221 - 29661919 

F: +6221 - 29661917

EMAIL

  • Twitter Social Icon
  • Facebook Social Icon
  • LinkedIn Social Icon
  • Instagram Social Icon
  • YouTube Social  Icon