Perusahaan Inklusi Burger King Indonesia Luncurkan Sunyi Bersuara



Setiap orang memiliki hak yang setara untuk mendapatkan pekerjaan, termasuk para Penyandang Disabilitas. Para Penyandang Disabilitas merupakan kelompok rentan yang memiliki banyak tantangan dalam mendapatkan pekerjaan, baik di sektor swasta hingga sektor pemerintah. Sejak lahirnya UU No.8 tahun 2016 tentang Disabilitas, dalam pasal 53 undang-undang tersebut mengatakan bahwa setiap Pemerintah, BUMN, BUMD wajib mempekerjakan Disabilitas 2% dari jumlah pegawainya, dan Perusahaan Swasta wajib mempekerjakan Disabilitas paling sedikit 1% dari jumlah karyawannya. Setelah adanya undang-undang tersebut, masih banyak lapangan kerja yang belum mempekerjakan Disabilitas, karena masih ada keraguan perusahaan dan minimnya kesiapan perusahaan dalam mempekerjakan Disabilitas. Keraguan perusahaan untuk mempekerjakan Disabilitas berhasil dibuktikan oleh sebuah perusahaan restoran cepat saji yang sudah berpengalaman dalam mempekerjakan Disabilitas yaitu Burger King Indonesia.

Sejak akhir tahun 2018 hingga sekarang Burger King Indonesia sudah mempekerjakan lebih dari 100 karyawan Tuli dari beberapa cabang Burger King di Indonesia yaitu Bali, Makassar, dan Jakarta. Dilansir dari kumparan.com, Head of HR & CSR di Burger King Indonesia, Frida Marpaun mengatakan Burger King Indonesia memulai proses perekrutan menjelang akhir tahun 2018 yang menuntut Burger King untuk membangun prosedur ketenagakerjaan dan pelatihan dari awal. Menurut Vaibhav Punj CEO Burger King Indonesia, kehadiran karyawan Tuli telah mampu meningkatkan kinerja perusahaannya secara signifikan dan mendapatkan respon yang baik dari pelanggannya.

Sebelum puncak Hari Disabilitas Internasional atau International Day of People with Disabilities 2020 yang jatuh pada tanggal 3 Desember, Burger King Indonesia meluncurkan kampanye Sunyi Bersuara melalui platform sosial media. Sunyi Bersuara bertujuan untuk mengambil langkah terhadap inklusivitas dan kesempatan kerja yang sama bagi Disabilitas.

Melalui kampanye Sunyi Bersuara, Burger King Indonesia menyediakan tool-kit SunyiBersuara.id untuk memberikan panduan bagaimana mempekerjakan karyawan dengan Disabilitas, yang terdiri dari empat langkah utama yaitu: pendidikan tentang keberagaman jenis Disabilitas, memahami kebutuhan perusahaan atau organisasi, bekerja sama dengan pihak yang dapat membantu dalam perekrutan hingga pelatihan, serta berkolaborasi dengan LSM dan pemangku kepentingan yang mendukung komunitas Disabilitas untuk mendukung gerakan Sunyi Bersuara. Burger King Indonesia telah mengubah logo perusahaan ke dalam bahasa isyarat.

Sebelum adanya kampanye Sunyi Bersuara, Burger King Indonesia pernah mengunggah pesan yang mengajak masyarakat untuk membantu restoran-restoran lain yang terdampak karena pandemi Covid-19 dengan memberi makanan dan minumannya, melalui platform sosial media. Hal tersebut, mendapatkan banyak reaksi positif dari berbagai pihak. (RYR)


Sumber:

1. https://sunyibersuara.id/id/sunyi-bersuara

2. https://www.instagram.com/burgerking.id/

https://kumparan.com/kumparanfood/sunyi-bersuara-inisiatif-burger-king-indonesia-pekerjakan-komunitas-disabilitas-1uj8G1fwf13/full

KONTAK KAMI

KLOBILITY

Gedung Alamanda, Lantai 23 
Jalan TB. Simatupang, 
kav 23-24 - Jakarta 12430  Indonesia

T: +6221 - 29661919 

F: +6221 - 29661917

EMAIL

  • Twitter Social Icon
  • Facebook Social Icon
  • LinkedIn Social Icon
  • Instagram Social Icon
  • YouTube Social  Icon